China Kembangkan Kertas Elektronik Graphene

Anitana Widya Puspa
Jumat, 29 April 2016 | 08:13 WIB
Bagikan

Bisnis.com, GUANGZHO -- China telah mengembangkan terobosan besar yakni kertas elektronik baru. Terobosan ini merupakan kemajuan mutakhir dalam penggunaan material dasar.

 
General manager dari Guangzhou OED Technologies Chen Yu menggembor-gemborkan bahan tersebut sebagai " kertas elektronik pertama graphene di dunia.
 
Graphene merupakan bahan terkuat dan paling ringan di dunia. Satu lapisan graphene hanya memiliki ketebalan 0,335 nanometer, dan dapat menghantarkan panas dan listrik.
 
Materi ini dapat digunakan untuk membuat tampilan graphene baik yang keras atau fleksibel, yang digunakan dalam produk elektronik seperti pembaca elektronik dan perangkat pintar yang mudah digunakan.
 
Dibandingkan dengan kertas elektronik sebelumnya, graphene e-paper lebih lentur dan memiliki intensitas dan transmisi cahaya lebih tinggi yang berarti dapat menampilkan optik dengan lebih terang.
 
Selain itu, graphene berasal dari karbon, yang berarti biaya produksi akan jauh lebih rendah daripada kertas elektronik tradisional, yang menggunakan logam indium yang langka dan mahal.
 
Kertas elektronik telah diproduksi pada skala komersial sejak 2014. Apabila dibandingkan dengan liquid crystal display, kertas elektronik berukuran lebih tipis, dapat ditekuk dan hemat energi, yang membuat produk ini lebih portabel.
 
Tim akan memproduksi dan mengembangkan kertas elektronik graphene dalam kurun waktu satu tahun.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : Xinhua
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper