Nikon Klaim Kuasai 42% Pasar Kamera DSLR

Sholahuddin Al Ayyubi
Selasa, 19 April 2016 | 17:20 WIB
Nikon D5. /nikon
Nikon D5. /nikon
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Nikon mengklaim telah menguasai 42% pasar kamera DSLR sejalan dengan pertumbuhan penjualan kamera Nikon sekitar 10%-15% setiap tahunnya sejak 2014 di Indonesia.

Larry Handra, Marketing Manager Nikon Indonesia, mengakui tren penggunaan kamera dewasa ini telah berubah dari kamera DSLR menjadi kamera yang lebih simpel dan mudah dibawa kemana-mana seperti kamera Mirrorless yang mulai diminati oleh masyarakat.

Oleh karena itu, menurut Larry, Nikon meluncurkan produk teranyarnya yaitu Nikon 1 J5 yang diharapkan dapat memberikan kontribusi penjualan sekitar 25% untuk penjualan seluruh kamera Nikon tahun ini.

“Kalau kami melihat tren kamera saat ini sudah berubah ya, market lebih suka kamera berjenis Mirrorless saat ini, tanpa meninggalkan kamera berjenis DSLR,” tuturnya seusai peluncuran kamera Nikon 1 J5 dan Nikon D5 di Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Marketing Manager Nikon Indonesia itu menjelaskan target pengguna kamera Nikon 1 J5 ini adalah anak muda dengan rentang usia 15-25 tahun yang selalu menginginkan kamera dengan fitur lengkap, namun tetap mudah untuk digunakan dan simpel.

Menurut Larry, untuk mendorong penjualan kamera Nikon 1 J5 ini, pihaknya juga akan melakukan kampanye melalui sejumlah sosial media dengan hastag #SahabatJ5.

“Untuk kamera mirrorless Nikon 1 J5 ini, kami akan menyasar kalangan anak muda dan kami juga akan melakukan kampanye #SahabatJ5 untuk mempromosikan Nikon 1 J5 ini ke seluruh Indonesia,” katanya.

Larry berharap dengan adanya kamera mirrorless terbaru dari Nikon ini, marketshare Nikon dapat bertambah sekitar 15% tahun ini, dari sebelumnya sekitar 42% menjadi sebesar 57% di seluruh Indonesia.

“Kami berharap marketshare Nikon tahun ini bisa naik sekitar 15% setelah kami memperkenalkan kamera mirrorless Nikon 1 J5 ini,” ujarnya.

Regional Manager Team Nikon Aldin Soemantri menegaskan Nikon tidak akan berhenti melakukan inovasi pada kamera ciptaannya. Menurutnya, dalam beberapa tahun ke depan, Nikon juga akan memperkenalkan sejumlah produk teranyarnya yang sampai saat ini masih dirahasiakan.

“Pencapaian ini sekaligus menjadi tantangan bagi Nikon untuk terus menghadirkan produk dan kamera yang berkualitas,” tukasnya.

Berkaitan dengan itu, Nikon telah memperkenalkan dua kamera teranyarnya yaitu Nikon DLSR D5 yang dibanderol dengan harga US$6.500 atau setara dengan Rp80 juta dan kamera Nikon 1 J5 yang rencananya akan dibanderol dengan harga US$500 atau setara dengan Rp5.000.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper