Lenovo Prioritaskan Penjualan Komputer Rumah di Kota Menengah

Heri Faisal
Kamis, 3 Desember 2015 | 17:31 WIB
Bagikan

Bisnis.com, PADANG - Lenovo Indonesia menyasar kota besar menengah di luar 7 kota besar sebagai fokus penjualan produk personal computer (PC) untuk meningkatkan market share brand tersebut di Tanah Air.

Marketing Head Lenovo Indonesia Fransisca Maya mengatakan potensi pertumbuhan pengguna PC di kota kelas menengah Indonesia tergolong tinggi, mengingat munculnya generasi muda (millennials) yang akrab dengan teknologi.

“Potensi kota besar menengah di luar 7 kota besar di Indonesia cukup besar. Kami memprioritaskan kota-kota tersebut untuk tujuan ekspansi penjualan Lenovo,” ujarnya di Padang, Kamis (3/12/2015).

Dia menyebutkan potensi penjualan PC di 14 kota kelas menengah di Tanah Air mencapai 324.000 unit per tahun. Saat ini, kontribusi kota menengah dalam pasar PC nasional mencapai 39%.

Sisca menargetkan Lenovo mampu menguasai pasar hingga 25% pada 2016 dan menjadi penguasa PC di Indonesia.

“Targetnya, market share Lenovo bisa 25%, jadi yang nomor satu di Indonesia. Sekarang market share kami baru 19%,” katanya.

Adapun, selama ini, imbunnya, pasar PC masih didominasi 7 kota besar, yakni Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Makassar, Palembang, dan Semarang. Namun, pertumbuhan di kota-kota kelas menengah terus menunjukkan peningkatan.

Dia menuturkan meski penjualan PC mengalami penurunan sejak beberapa tahun terakhir, dia optimistis peningkatan market share bisa dilakukan dengan menyasar daerah-daerah baru.

Strategiya, Lenovo memperbanyak jaringan ritel di kota-kota kecil, meningkatkan inovasi produk, dan mendekatkan diri dengan konsumen usia produktif dalam rentang 18 – 35 tahun.

Adrian Lesmono, Consumer Lead Lenovo Indonesia menyebutkan Indonesia merupakan pasar penting bagi brand asal China tersebut. Sebab, pertumbuhan pengguna di tiap daerah terus meningkat.

“Padang salah satunya. Dari data kami per Oktober 2015 market share naik 5 poin menjadi 14,2%, dari tahun sebelumnya 10%,” katanya.

Lenovo, katanya, mengenalkan dua produk untuk memperluas pangsa pasar tersebut, yakni Lenovo ideapad 100 yang ditujukan bagi konsumen yang menginginkan PC untuk kebutuhan kerja kantor atau di rumah, dan Lenovo Yoga 300 untuk konsumen dengan mobilitas tinggi yang menginginkan kemudahan.

“Soal harga, kami jamin sangat kompetitif,” ujar Adrian.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Heri Faisal
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper