Ayo Koleksi The Snowden Files & Buku lain dari Bisnis Indonesia Book Publishing

Sutarno
Jumat, 6 November 2015 | 14:09 WIB
The Snowden Files dan koleksi buku lainnya Bisnis Indonesia Book Publishing
The Snowden Files dan koleksi buku lainnya Bisnis Indonesia Book Publishing
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bisnis Indonesia Book Publishing (BIBP) menghadirkan The Snowden Files sebagai koleksi buku terbarunya.  

Buku ini mengisahkan seorang whistleblower paling dicari sedunia, Edward Snowden, berani membongkar dokumen paling rahasia milik organisasi intelijen paling kuat di dunia secara besar-besaran ke publik.

Berikut Resensi buku The Snowden Files:

Ayo Koleksi The Snowden Files & Buku lain dari Bisnis Indonesia Book Publishing

Konspirasi politik dengan perusahaan-perusahaan besar menjadi semakin kuat dengan kucuran dana yang tidak tanggung-tanggung besarnya dan didukung oleh tokoh-tokoh nomor satu dunia pemegang kebijakan politik dan bisnis, pencederaan atas hak privasi warga negara menjadi semakin tak terhindarkan. Di saat seperti inilah orang seperti Edward Snowden, dengan nyali seorang whistleblower memegang peran yang amat penting. Bukan hanya bagi rakyat sipil AS tetapi seluruh dunia.

Snowden adalah salah seorang dari sekitar 1.000 orang administrator sistem NSA yang diizinkan untuk menjelajahi sistem. Sementara user lain pemegang izin top-secret sekalipun tidak diperkenankan untuk melihat semua dokumen rahasia. Snowden bisa membuka sebuah dokumen tanpa meninggalkan jejak elektronik sedikitpun. Dia dalam bahasa seorang sumber intelijen disebut sebagai ghost user yang sanggup menyambangi tempat ‘keramat’ NSA. Snowden juga memanfaatkan status administrator-nya untuk membujuk user lain agar mau membagi detail login mereka untuk digunakan oleh dirinya sendiri.

Kebanyakan staf dilarang membawa USB drive. Namun sebagai administrator sistem, Snowden bisa berdalih bahwa dia sedang memperbaiki sebuah profil user yang bermasalah sehingga memerlukan drive cadangan. Dengan begitu, USB drive diizinkan untuk dibawa untuk menutup gap antara sistem NSA dan internet biasa. Dalam USB Drive itulah kemudian Snowden meng-copy semua dokumen rahasia NSA.

Snowden adalah seorang anak muda yang memiliki otak yang jenius , belajar internet secara otodidak hingga menjadi seorang ahli IT yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Berkat kemampuannya, meski hanya lulusan SMA apalagi menyandang gelar sarjana, Snowden bisa  meraih karier istimewa di pemerintahan, sebagai petugas sistem informasi dan teknologi.

Pada mulanya Snowden mencoba masuk militer AS namun tidak bertahan lama. Berbekal pengalaman di militer AS itu, dia memberanikan diri untuk melamar sebagai spesialis keamanan di Centre for Advanced Study of Languange Universitas Maryland pada 2005. Pekerjaan inilah yang pada akhirnya mengantarkan Snowden berkarir di CIA dan kemudian NSA.

Dengan latar belakang keluarga yang berasal dari militer AS, pada diri Snowden sebenarnya tertanam rasa patriotisme yang tinggi terhadap negaranya. Snowden bukanlah tipe orang yang suka menjual negaranya demi kepentingan pribadi. Namun, begitu ia mengetahui kejahatan pemerintah yang mengganggu hak-hak privasi online warga negara, ia pada akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang whistleblower. NSA bersama rekanan intelijennya GCHQ dari Inggris, NSA menjadi “biang sadap” yang kelewat batas.

Publik tidak ada yang tahu.  Snowden dengan patriotisme dan keyakinan yang tinggi akan kebenaran idealismenya, ingin sekali mengubah keadaan ini. Dokumen “Top Secret” yang pernah dipegangnya semasa menjadi staf di CIA dan NSA ia kumpulkan untuk kemudian ia bocorkan. Rasa gundah seperti ini yang pada akhirnya membawa Snowden berhubungan dengan para wartawan dari  surat kabar Inggris The Guardian.

Lalu apa alasan Snowden membocorkan dokumen itu? ternyata Snowden membaca istilah penting yang digunakan oleh penyusun undang-undang dan filsuf abad ke-18 Inggris, Jeremy Bentham, yaitu “panopticon”. Istilah tersebut menggambarkan lingkar penjara yang amat ketat di mana penjaganya bisa mengawasi tahanan kapan saja tanpa mereka sadar sedang diawasi dari kejauhan. Snowden tidak ingin dunia tempat dia hidup seperti yang ada dalam analogi itu. ini tergambar jelas dalam kalimat yang pernah diungkapkannya.

 ‘I don’t want to live in a world where everything that I say, everything I do, everyone I talk to, every expression of creativity or love or friendship is recorded ...’

Akibat sikap nekadnya itu, hidupnya jadi terancam. Ia menjadi buronan negeri Paman Sam. Namun, ketulusan menjadi seorang whistleblower memberikan banyak dukungan dari banyak pihak. Ia berhasil lolos dari kejaran Paman Sam dan mendapat suaka di Rusia. Kisah Snowden, si lelaki tirus, menjadi teladan bagaimana seharusnya hak-hak privasi dan kemanan, juga pertahanan negara diperlakukan secara seimbang.

Kritik ini diarahkan pada si Paman Sam yang telah mencederai komitmennya terhadap hak asasi manusia. Betapa nistanya perbuatan negara-negara yang mengklaim diri sebagai kiblat demokrasi, tapi dengan tega mencederai kebebasan pers dan memata-matai warga negaranya sendiri, dan menyadap pembicaraan para pemimpin negara.

Dapatkan buku he Snowden Files di sini https://bigstore.bisnis.com/book/detail/89/the-snowden-files

Koleksi Buku BIBP Lainnya

Sebagai unit penerbitan buku Grup Bisnis Indonesia, BIBP telah menerbitkan ratusan buku dengan berbagai tema dan genre, dari populer sampai  direkltori untuk keperluan data dan analisis. Beberapa di antaranya dapat disimak di bawah.

Great People to Great Business

Ayo Koleksi The Snowden Files & Buku lain dari Bisnis Indonesia Book Publishing

Buku lain, Great People to Great Business bercerita tentang transformasi WIKA menjadi bintang Asia. Semenjak go public tahun 2007, kinerja PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. atau WIKA tumbuh pesat, baik dari sisi finansial maupun non-finansial. Bisnis WIKA tumbuh tinggi (rata-rata 20% per tahun), meluas ke berbagai bidang bisnis baru, dan telah beroperasi di pasar internasional. Ini bisa terjadi karena WIKA berani melakukan perubahan atau transformasi dari sisi visi, portfolio bisnis, wilayah pasar, segmen pasar, dan pengelolaan SDM. Simak bagaimana cara WIKA membagikan tip dan trik suksesnya di sini https://bigstore.bisnis.com/book/detail/4857/great-people-to-great-business

Transformation by Heart

Ayo Koleksi The Snowden Files & Buku lain dari Bisnis Indonesia Book Publishing

Buku dengan tema transformasi juga diterbitkan di BIBP dengan judul Transformation by Heart,kali ini masih pada perusahaan konstruksi, yaitu PT PP, memaparkan seluruh episode drama transformasi PT PP yang dibagi dalam tujuh bab. Bercerita tentang mengapa PT PP harus bertransformasi, mengurai strategi transformasi PT PP, menjelaskan pelaksanaan program transformasi PT PP, memberi gambaran tentang bagaimana PT PP mengontrol program transformasi tersebut, berbicara mengenai hasil transformasi dari sisi kinerja keuangan, menjelaskan tentang imbas hasil transformasi, dan yang terakhir menggambarkan perlunya PT PP melakukan transformasi berkelanjutan.

Keberhasilan transformasi PT PP tidak lepas dari peran Bambang Triwibowo, Dirut PT PP. Dia mengatakan bahwa memimpin perusahaan itu ibarat menanam sebuah pohon, pohon itu harus disiram, disiangi, dipupuk, dibuang hama-hamanya supaya sehat. Kalau untuk Perseroan tolok ukur kesehatannya bisa diukur dengan rasio-rasio keuangan dan kesehatan yang ada. Namun bagi kami, sehat saja tidak cukup, pohon ini harus tumbuh besar dan berbuah, sehingga bisa bermanfaat bagi banyak orang, baik itu shareholders maupun stakeholders. Buku ini bisa di beli pada https://bigstore.bisnis.com/book/detail/4858/transformation-by-heart

Lead by GCG

Ayo Koleksi The Snowden Files & Buku lain dari Bisnis Indonesia Book Publishing

Buku Lead by GCG, mengangkat tema mutakhir dalam pengelolaan perusahaan dengan menerapkan nilai-nilai good corporate governance (GCG). Penulisnya, Mas Achmad Daniri, adalah praktisi, dosen dan juga pakar GCG yang berhasil merangkai rumusan kepemimpinan berasaskan GCG. Daniri sengaja mengemas nilai-nilai GCG dan bagaimana menerapkan, mengevaluasi, dan melakukan asesmen terhadap pelaksanaan GCG di perusahaan-perusahaan, dalam sebuah buku yang elegan.

Di mata mantan Dirut Bursa Efek Jakarta ini, “Inti dari permasalahan bangsa yang tak kunjung tuntas adalah masalah governance, jika kita tidak mengobati akar persoalannya, jangan pernah berharap kita akan mengatasinya secara tuntas.” Ia mengingatkan krisis multidimensi pada 1998, 2008 dan saat ini, tak lepas dari persoalan governance. Buku ini dapat dibeli di sini https://bigstore.bisnis.com/book/detail/81/lead-by-gcg

Menguak Gagasan 45 CEO Inovatif

Ayo Koleksi The Snowden Files & Buku lain dari Bisnis Indonesia Book Publishing

Selain itu, ada buku Menguak Gagasan 45 CEO Inovatif. Buku ini termasuk buku seri kepemimpinan chief executive officer (CEO) yang diterbitkan oleh BIBP. Buku ini juga termasuk best seller. Buku ini disajikan dengan dialog dan paparan ringan agar lebih hidup dan lebih nyaman dibaca. Sepak terjang bisnis 45 CEO layak anda simak pada level-level tertentu, pada kondisi-kondisi tertentu, sesuai dengan skala bisnis dan jenis industri yang Anda geluti.

Siapa tahu diantara 45 CEO itu ada yang bisa Anda prospek untuk kerjasama, atau sekedar menjadi sub kontrak dari bisnis-bisnis yang mereka geluti. Lewat buku ini kami mengajak berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, pebisnis pemula, CEO yang mulai ekspansi, CEO yang sudah memimpin perusahaan menggurita, regulator, investor, bankir, pengamat, analis ataupun para peneliti untuk menikmati proses bisnis sebagai sebuah pembelajaran dari sebuah pengalaman 45 CEO Inovatif. Buku ini dapat dibeli di sini https://bigstore.bisnis.com/book/detail/85/menguak-gagasan-45-ceo-inovatif

Evolusi Bisnis 25 Saudagar

Ayo Koleksi The Snowden Files & Buku lain dari Bisnis Indonesia Book Publishing

Buku lainnya adalah Evolusi Bisnis 25 Saudagar. Buku ini memuat contoh keteladanan dan keberanian yang patut dicontoh, keuletan yang perlu diteladani, serta ketegaran yang harus di dilaksanakan, sehingga membuat para entrepreneur itu menjadi besar dan memiliki jaringan bisnis yang luas.

Buku ini mengungkap semuanya lewat dialog, ilustrasi bangunan bisnis maupun artikel yang enak dibaca dan kaya informasi. Buku ini sengaja kami sajikan sebagai inspirasi bagi para pebisnis pemula, terutama pebisnis yang sedang tumbuh atau bahkan yang akan mencoba-coba mengubah jati diri dari ‘orang gajian’ menjadi ‘orang yang menggaji’. Inilah saatnya. Buku ini dapat di beli di sini https://bigstore.bisnis.com/book/detail/88/evolusi-bisnis-25-saudagar.

Kiat 35 CEO Bangkit dari Krisis

Ayo Koleksi The Snowden Files & Buku lain dari Bisnis Indonesia Book Publishing

Masih dalam buku seri seri kepemimpinan CEO perusahaan, yaitu Kiat 35 CEO Bangkit dari Krisis. Buku ini mengungkap sepak terjang bisnis 35 CEO dalam merintis karirnya dari nol, ada yang melanjutkan pendahulunya, dan bahkan koleganya. Hampir semua perusahaan yang dikelola CEO tersebut mengalami fase jatuh bangun, sebelum akhirnya sukses. Dari kisah yang diangkat itulah Anda dapat menimba ilmu dan pengetahuan, bagaimana mereka bisa bangkit dari krisis kemudian eksis kembali? Dengan semangat dan wajah bisnis yang baru, tentu banyak inspirasi bisnis yang bisa Anda gali dari buku ini. Buku ini dapat dibeli di sini https://bigstore.bisnis.com/book/detail/84/kiat-35-ceo-bangkit-dari-krisis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper