XL Perluas Aplikasi mFish

Agnes Savithri
Rabu, 5 Agustus 2015 | 07:34 WIB
XL Asiata./JIBI
XL Asiata./JIBI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—PT XL Axiata Tbk (XL) memperluas implementasi aplikasi untuk nelayan yakni mFish ke beberapa daerah. Selain Lombok dan Bali, untuk tahun ini juga XL sudah menyiapkan sejumlah lokasi penerapan baru di beberapa desa nelayan di Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Presiden Direktur XL Dian Siswarini mengatakan aplikasi layanan digital ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat terutama masyarakat agar bisa lebih produktif.

“Saya yakin jika masyarakat akhirnya sudah bisa menyadari besar manfaat dari layanan digital maka dengan sendirinya permintaan atas layanan digital akan datang dan terus tumbuh,” ujarnya.

Aplikasi mFish merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi nelayan untuk membantu meningkatan produktivitas dalam menangkap ikan di laut. Melalui aplikasi ini, nelayan bisa mendapatkan berbagai informasi pokok untuk bekal melaut, seperti antara lain arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, cuaca secara umum, lokasi keberadaan plankton, juga penunjuk arah pulang.

Selain itu, aplikasi ini juga membantu nelayan dari sisi keselamatan, budidaya perikanan, harga ikan di pasar, dan juga pelestarian lingkungan.

Sedangkan untuk penyediaan data terkait cuaca, operator ini juga memanfaatkan data-data dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Guna meningkatkan manfaat aplikasi ini, XL juga menjalin kerjasama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan, sebagai instansi yang paling berwewenang dalam masalah perikanan laut.

Dian menambahkan, selain ketiga layanan digital yang dipertunjukkan di acara tersebut, pihaknya juga masih memiliki sejumlah layanan digital lainnya yang sudah diluncurkan dan bisa dinikmati manfaatnya oleh pelanggan dan masyarakat. Antara lain adalah layanan untuk segmen perempuan “Sisternet”, berbagai aplikasi hiburan di “Gudang Aplikasi”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agnes Savithri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper