Telkomsel Siapkan Jaringan Telekomunikasi H-2 Lebaran

Agnes Savithri
Rabu, 15 Juli 2015 | 21:22 WIB
Ilustrasi/telkomsel.com
Ilustrasi/telkomsel.com
Bagikan

H-2 Lebaran, Telkomsel Tingkatkan Kapasitas Jaringan Telekomunikasi

 

Bisnis.com, BANDUNG — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) siapkan jaringan telekomunikasi H-2 Lebaran. Jaringan ini disiapkan guna menghadapi lonjakan trafik mendekati puncak masa Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2015.

Jaringan telekomunikasi tersebut meliputi upgrading kapasitas core network VLR (Visitor Location Register), SMSC (Short Message Service Center), MMSC (Multimedia Message Service Center), HLR (Home Location Register). Kapasitas VLR di tahun ini ditingkatkan menjadi 218 juta, sedangkan HLR sebesar 330 juta subscribers.

Kapasitas SMS yang disiapkan sebesar  106.493 SMS/detik dengan kapasitas volume trafik 2,39 milyar SMS dan untuk kapasitas MMS menjadi 200 MMS per detik atau setara dengan 4,32 juta MMS per hari. Untuk kapasitas layanan data,  jaringan operator plat merah ini telah menyiapkan bandwidth internet sebesar 427 Gbps (Giga bit per second).

Khusus untuk momen RAFI  tahun ini, operator ini menambah  59 BTS baru, upgrade 806 BTS & 63 BSC/RNC, serta menyiagakan 62 COMBAT (Compact Mobile Base Transceiver) di tempat-tempat keramaian dengan arus komunikasi yang padat. 

Operator plat merah ini mengidentifikasi sebanyak 781 titik layanan PREMIUM (Public Service, Religion Areas, Mall & Indoor Center, Uniqueness Areas, dan Massive Areas)yang meliputi bandara, stasiun kereta api, tempat ibadah, mall tempat wisata dan pusat keramaian dimana di titik-titik tersebut padat pengguna terutama pengguna data.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agnes Savithri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper