Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ogah Ikuti Telkomsel, Indosat Tak Berniat Luncurkan VoWi-Fi

Indosat belum berniat meluncurkan layanan Voice over Wi-Fi (VoWi-Fi) seperti yang akan dilakukan kompetitornya, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 30 Juni 2015  |  11:59 WIB
Alexander Rusli.  - Bisnis.com
Alexander Rusli. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Tbk belum berniat meluncurkan layanan Voice over Wi-Fi (VoWi-Fi) seperti yang akan dilakukan kompetitornya, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Operator dengan pelanggan seluler terbesar nomor dua di Indonesia ini hanya akan merilis Voice over LTE (VoLTE).

Presiden Direktur Indosat Alexander Rusli menilai implementasi VoLTE merupakan sebuah keniscayaan karena sesuai dengan tuntutan kemajuan teknologi. “Kalau untuk VoLTE mungkin kami gelar bisa tahun ini atau tahun depan. Untuk VoWi-Fi kami belum ambil posisi,” katanya belum lama ini.

Alex mengungkapkan sikap perusahaan itu diambil karena melihat kenyataan bahwa sampai sekarang belum ada teknologi yang memungkinkan migrasi panggilan suara dari Wi-Fi ke jaringan seluler bisa berlangsung mulus.

“Jadi kalau kita lagi ngomong dan putus itu bisa repot. Saat ini belum ada teknologi yang stabil,” ucapnya.

Pada pertengahan pekan lalu, Telkomsel telah melakukan uji coba VoLTE dan VoWi-Fi yang rencananya akan dikomersialkan pada kuartal III atau kuartal IV tahun ini. Pada saat uji coba, anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) itu menggandeng Huawei sebagai penyedia perangkat NTV (Network Function Virtualization).

VoLTE mengirim paket data suara melalui teknologi IMS (Internet Protocol Multimedia Subsystem) yang menggantikan komunikasi berbasis CS (Circuit Switched) pada komunikasi seluler tradisional. Teknologi tersebut diklaim mampu menghasilkan suara jernih alias ber-definisi tinggi.

Sementara itu, VoWi-Fi membuat ponsel pengguna dapat melakukan panggilan suara saat terhubung ke titik akses Wi-Fi. Bila berada di luar area akses nirkabel itu, ponsel pengguna akan dialihkan ke jaringan seluler.

Saat ini hanya ada empat operator di dunia yang telah meluncurkan VoWi-Fi secara komersial yakni T-Mobile dan Sprint di Amerika Serikat, EE di Inggris Raya, serta Hutchison di Hongkong. Bila rencana peluncuran terealisasi, Telkomsel akan menjadi operator pertama di kawasan Asia Pasifik (di luar China) yang menggelar VoWi-Fi secara komersial.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel indosat 4g lte wi-fi alexander rusli volte vowi-fi
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top