Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengapalan PC Dunia Melorot 5,2%

Pengapalan personal computer (PC) dunia turun 5,2% pada kuartal I/2015 karena belanja korporasi melambat pada tahun lalu. nn
Gloria Natalia Dolorosa
Gloria Natalia Dolorosa - Bisnis.com 10 April 2015  |  21:19 WIB
Pengapalan PC  Dunia Melorot 5,2%
Pengapalan personal computer (PC) dunia turun 5,2% pada kuartal I/2015 karena belanja korporasi melambat pada tahun lalu. - JIBI
Bisnis.com, JAKARTA -- Pengapalan personal computer (PC) dunia turun 5,2% pada kuartal I/2015 karena belanja korporasi melambat pada tahun lalu.   
 
Gartner Inc. melaporkan sekitar 71,7 juta unit PC dikapalkan pada kuartal I tahun ini, merosot dari 75,1 juta pada periode sama tahun lalu. Adapun, IDC menyatakan terjadi penurunan yang lebih luas, hanya 68,5 juta unit yang dikapalkan, merosot 6,7%. Ini merupakan jumalh terendah pengapalan PC sejak kuartal I/2009. 
 
Penurunan kuartal I/2015 menggambarkan kembalinya kecenderungan penurunan penjualan akibat kian banyaknya konsumen di pasar negara berkembang semakin beralih ke ponsel pintar dan tablet. 
"Siklus penggantian itu memudar pada kuartal I/2015," kata Mikako Kitagawa, analis Gartner, seperti dikutip Bloomberg, Jumat, (10/4/2015). 
 
Lenovo Group Ltd. memperluas kepemimpinannya sebagai pemasok teratas pada kuartal I tahun ini, meraih pangsa pasar 18,9%. Perusahaan asal China itu mengapalkan 13,58 juta PC se-dunia, meningkat 5,7% dari kuartal I/2014. Sementara, pengapalan Hewlett-Parckard Co naik 2,5% dan Dell Inc. turun 5,1%. Pangsa pasar Dell tersisa 12,6%, turun karena penurunan pembelian korporasi. 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gartner personal computer pengapalan pc

Sumber : Bloomberg

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top