WINDOWS 10: Browser Internet Explorer Dipensiunkan, Diganti Spartan

Gombang Nan Cengka
Rabu, 31 Desember 2014 | 13:59 WIB
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bila versi final Windows 10 nanti diluncurkan, Internet Explorer mungkin tidak akan lagi menjadi browser utama.

Seperti yang dilansir antara lain oleh situs web Ars Technica dan ZDNet, Microsoft mempertimbangkan buat memensiunkan nama Internet Explorer. Versi 11 akan menjadi versi terakhir browser yang pertama kali diperkenalkan pada 1995 itu.

Tidak berarti Microsoft sepenuhnya meninggalkan Internet Explorer. Browser baru yang sedang dikembangkan sebagai pengganti, yang diberi kode Spartan, menggunakan versi lain dari Trident dan Chakra, dua komponen penting Internet Explorer. Trident adalah komponen yang menangani tampilan browser (layout engine), sedangkan Chakra adalah penafsir kode Javascript.

Spartan diharapkan akan lebih ringan dan cepat daripada Internet Explorer 11. Versi Trident dan Chakra yang digunakan oleh Spartan tidak perlu lagi memperhatikan kompatibilitas dengan versi Internet Explorer sebelumnya. Masalah kompatibilitas ini ternyata menjadi kendala buat meningkatkan kinerja browser.

Untuk menangani situs web yang ditujukan buat Internet Explorer versi lama, Microsoft masih akan mempertahankan Internet Explorer 11 untuk kompatibilitas.

Spartan akan tersedia dalam versi desktop dan mobile. Browser baru ini juga akan dapat lebih baik mendukung pengaya browser, sehingga pengembang pihak ketiga akan dapat lebih mudah menambahkan fitur baru untuk browser Microsoft tersebut.

Menurut analis Mary Jo-Foley Microsoft mungkin akan memamerkan Spartan pada tanggal 21 Januari 2015, saat Microsoft diharapkan memperkenalkan versi mobile dari Windows 10.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Ars Technica, ZDNet
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper