DIRUT TELKOM: Guru Besar ITB Ini "Takut" Sama Alex Sinaga

Samdysara Saragih
Jumat, 19 Desember 2014 | 19:50 WIB
Direktur Utama PT Telkom Alex J. Sinaga. /bisnis.com
Direktur Utama PT Telkom Alex J. Sinaga. /bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Alex Janangkih Sinaga telah ditetapkan sebagai Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom).

Alumni Jurusan Teknik Elektro Insitut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 1980 ini terpilih dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dilangsungkan di Jakarta, Jumat (19/12/2014) siang.

Terpilihnya Alex tidak terlalu mengejutkan karena namanya telah beredar sebagai salah satu calon kuat bos Telkom di samping Indra Utoyo dan Honesti Basyir. Kebetulan, Alex dan Indra merupakan teman satu angkatan di Teknik Elektro ITB.

Hal inilah yang membuat guru besar teknik telekomunikasi ITB Suhono Harso Supangkat awalnya takut berpendapat ketika diminta sarannya jika salah satu dari dua orang itu memimpin Telkom.

“Aduh, enggak berani saya. Dua-duanya dulu yang mempelonco saya,” ujarnya sembari terkekeh, beberapa hari lalu. Dosen ITB ini merupakan adik kelas satu tingkat di bawah Alex dan Indra.

Meski demikian, Suhono berharap sosok dirut Telkom harus memiliki kompetensi dan keberanian untuk mengambil risiko menghadapi persaingan yang makin kompleks. Telkom, kata dia, merupakan perusahaan besar yang umumnya sulit menghadapi perubahan.

Dia juga ingin badan usaha milik negara itu tidak semata-mata fokus mengambil untung, tetapi juga bisa berperan bagi masyarakat. “Ambil untung besar boleh, tapi harus elegan,” katanya.

Ketika Bisnis.com memberitahu dirinya bahwa Alex terpilih sebagai dirut Telkom, dia pun hanya tertawa. “Ha-ha-ha. Sip...” ujarnya lewat pesan singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper