Monzee Digital: Mengangkat Sejarah dengan Games

Ria Indhryani
Selasa, 23 September 2014 | 15:10 WIB
Kedai digital/Bisnis
Kedai digital/Bisnis
Bagikan

Bisnis.com,  BANDUNG--Indonesia dikenal dengan beragam sejarah dan budaya. Hal tersebut dibuktikan dari cukup banyaknya kerajaan yang ada di masa lalu dan masih menjadi bagian dari rekam jejak Indonesia hingga saat ini.

Sayangnya, tidak semua orang menyukai sejarah karena dinilai cepat mendatangkan rasa bosan kepada pembacanya. Akan tetapi, bagaimana bila sejarah ditampilkan dalam sebuah media interaktif yang sedang menjadi tren seperti game mobile?

PT Monzee Digital merupakan salah satu pengembang game yang mencoba mengangkat sejarah melalui media game mobile dengan produknya yaitu Age of Srivijaya.

CEO Monzee Digital Frans mengatakan sesuatu yang disesalkan ketika ternyata kegemilangan masa lalu banyak yang tidak diketahui dan tidak dihargai oleh masyarakat bangsa Indonesia sekarang ini.

"Akhirnya hal tersebut mendorong kami untuk membuat dan merilis sebuah game yang mengangkat kejayaan Kerajaan Sriwijaya," ujarnya kepada Bisnis, (23/9/2014).

Tidak hanya itu, keberhasilan sebuah studio game asal Malaysia untuk mengangkat sejarah Hang Jebat yang merupakan sastra Melayu terkenal kedalam sebuah mobile game juga menjadi salah satu motivasi Monzee.

Age of Srivijaya dirancang dan dibuat oleh perusahaan sejak beberapa bulan lalu dan baru diselesaikan sebagian dari target yang diharapkan.

"Walau demikian, game ini telah menarik banyak perhatian. Versi awal yang hanya terdiri dari 2 level sudah sempat dipublish di Android PlayStore dan mendapatkan 1.000-5.000 downloader."

Frans mengungkapkan game Age of Srivijaya ini dibuat dengan riset yang mendalam tentang Kerajaan Sriwijaya. Rangkaian permulaan, hingga kebangkitan, penaklukan, serta masa keemasan Kerajaan Sriwijaya dihadirkan dalam rangkaian episode game Age of Srivijaya.

Untuk melanjutkan proyek game tersebut, Monzee Digital sedang membuka penggalangan dana dengan sistem crowdfunding melalui wujudkan.com.

"Sampai sejauh ini sudah terkumpul 20% dari dana yang ditargetkan dan kami berharap masyarakat Indonesia dapat membantu perusahaan untuk mewujudkan game ini."

Selain Monzee Digital, tidak banyak lagi pengembang games di Indonesia yang mengangkat nilai-nilai sejarah melalui produk games. Beberapa diantaranya yaitu Nusantara Chronicle dari Elven Games dan The Adventure of Kle dari Nusantara Beta Studio.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ria Indhryani
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper