LAYANAN DATA TELKOMSEL Selama Lebaran di Jateng & DIY Naik 65%

Pamuji Tri Nastiti
Minggu, 3 Agustus 2014 | 17:42 WIB
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG - Trafik Telkomsel wilayah Jawa Tengah dan DIY pada Hari Raya Idulfitri mencatat kenaikan layanan data 157% dan pilihan utama pelanggan.

GM ICT Operation Telkomsel Jateng dan DIY Hafiddudin Triatmojo mengatakan pihaknya melakukan pemantauan trafik dan pemeliharaan kinerja perangkat secara ketat 24 jam nonstop selama masa puncak Ramadan dan Lebaran.

“Di wilayah Jateng dan DIY tingkat kenaikan penggunaan data lebih dari 157% menjadi 68.5 Terabytes, daripada periode yang sama di 2013. Dari hasil trafik perpindahan pelanggan, menunjukkan lebih dari 11.5 juta pelanggan wilayah ini terlayani dengan baik,” ujarnya, Minggu (3/8/2014).

Telkomsel mencatat pelanggan yang mudik ke wilayah Jateng dan DIY tahun ini mencapai 2.5 juta dengan tingkat keberhasilan koneksi data 99.8%, keberhasilan pengiriman SMS 100% dan kesuksesan panggilan 98.6%.

Hafiddudin merinci meski kenaikan trafik layanan data dibanding periode Lebaran tahun lalu meningkat 157% namun jika dibandingkan dengan hari normal hanya naik 65%. Untuk SMS naik 50% menjadi 72.6 juta SMS jika dibandingkan hari normal.

“Layanan suara di hari lebaran naik 2% menjadi 91 juta menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di periode yang sama di 2013. Apabila dibandingkan dengan hari normal saat ini, trafik voice naik 20%.”

Agus Budi Prasetiyono, Corporate Communication Telkomsel Jateng dan DIY menambahkan pihaknya telah mengantisipasi kesiapan jaringan menghadapi lonjakan trafik selama masa Ramadan dan Lebaran 2014.

“Telkomsel telah melakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan dan penambahan kapasitas yang lebih besar meliputi upgrading kapasitas core network VLR (Visitor Location Register), SMSC (Short Message Service Center), MMSC (Multimedia Message Service Center) , HLR (Home Location Register), dan SGSN (Serving GPRS Support Node).”

Dari sisi kapasitas jaringan 2G dan 3G, Telkomsel telah memiliki lebih dari 79.000 BTS dengan 34.000 diantaranya merupakan BTS 3G (Node-B) yang mampu melayani bandwidth Internet sebesar 114 Gbps termasuk bandwidhth layanan Blackberry sebesar 14 Gbps.

Selain itu juga telah mengidentifikasi 762 hotspot area yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik yang cukup signifikan, serta menyiapkan 54 BTS bergerak untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper