Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

FOTO SELFIE: Apa Sih Dampak Tongsis?

Mungkin banyak yang tidak sadar ketika sedang berwisata dan menggunakan tongsis atau untuk melakukan foto sendiri (selfie) telah menghilangkan budaya tolong menolong antarsesama.
Tim Reportase Lebaran
Tim Reportase Lebaran - Bisnis.com 29 Juli 2014  |  21:38 WIB

Bisnis.com, BATU - Mungkin banyak yang tidak sadar ketika sedang berwisata dan menggunakan tongsis atau untuk melakukan foto sendiri (selfie) telah menghilangkan budaya tolong menolong antarsesama.

Tongsis yang mulai marak digunakan dalam kurun waktu satu tahun terakhir ini tanpa disadari telah mengubah kebiasaan meminta tolong untuk difotokan menjadi lebih individualistis.

Pantauan tim reportase mudik lebaran 2014 di air terjun Coban Rondo, Kota Batu misalnya, mayoritas wisatawan domestik menggunakan tongsis untuk melakukan selfie dengan kamera telepon genggamnya.

Bahkan, nampak sejumlah wisatawan yang terdiri dari beberapa orang, dan ketika melakukan selfie ada yang tidak masuk dalam jangkauan kamera, harus menunggu giliran foto bersama.

Padahal, jika budaya ramah yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia dilakukan, ketika wisatawan itu meminta tolong kepada wisatawan lain untuk diambilkan gambar bersama, pasti akan ada yang membantu.

Selain itu, penggunaan tongsis juga menjadi malapetaka bagi penyedia jasa foto kilat di lokasi pariwisata. Jasa foto kilat yang biasanya digunakan untuk mengabadikan momen wisata sudah tidak dilirik oleh wisatawan.

Di tempat yang sama, Deni (24), penjaga lokasi wisata mengatakan pendapatan penyedia jasa foto kilat di air terjun Coban Rondo menjadi sangat sedikit.

"Masyarakat sudah menggunakan tongsis. Sehingga sedikit sekali yang menggunakan jasa foto kilat," ujarnya, Selasa (29/7/2014).

Reportase mudik lebaran 2014 ini didukung Toyota.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata lebaran narsis
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top