Wikipedia Perketat Aturan Suntingan Berbayar

Gombang Nan Cengka
Selasa, 17 Juni 2014 | 19:41 WIB
  Wikipedia. /
Wikipedia. /
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Wikipedia, ensiklopedi online yang dapat diakses dengan bebas, mulai tanggal 16 Juni 2014 memperketat aturan untuk suntingan berbayar.

Sebagai ensiklopedi yang bebas disunting siapa saja Wikipedia rentan terhadap suntingan bersifat promosi. Pada 2013, perusahaan konsultan yang bernama Wiki PR sempat menawarkan jasa penyuntingan Wikipedia kepada perusahaan yang ingin mengelola reputasinya di sana.

Pada saat itu Direktur Eksekutif Wikimedia Foundation, Sue Gardner, bereaksi dengan menyebutkan bahwa suntingan berbayar untuk promosi dan advokasi "sangat bermasalah". Wikimedia Foundation adalah lembaga nirlaba yang memayungi Wikipedia dan berbagai proyek lainnya.

Menurut peraturan baru yang diberlakukan setelah melalui proses diskusi selama bulan Februari dan Maret 2014, kontributor Wikipedia yang dibayar diwajibkan mengungkapkannya. Pengungkapan bahwa suntingan tersebut berbayar dapat dilakukan di ringkasan suntingan, halaman pengguna, ataupun halaman pembicaraan/diskusi artikel bersangkutan.

Ketentuan ini juga berlaku buat proyek yang dikelola Wikimedia Foundation lainnya seperti Wikibooks, Wikisource dan Wikivoyage. Pemberlakuan ketentuan ini diumumkan antara lain lewat posting blog resmi Wikimedia Foundation.

Sebelumnya 11 perusahaan humas raksasa telah berjanji untuk mengikuti ketentuan komunitas Wikipedia ketika menyunting di ensiklopedi online tersebut. Kesepakatan tersebut dicapai setelah diskusi yang dimulai tanggal 7 Februari 2014 lalu di Washington, DC, Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Setyardi Widodo
Sumber : Wikimedia Foundation
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper