Tri Gelar Uji Coba LTE di Yogyakarta dan Bali

Pamuji Tri Nastiti
Rabu, 4 Juni 2014 | 15:06 WIB
LTE 4G. Tri uji coba di DIY dan Bali/JIBI
LTE 4G. Tri uji coba di DIY dan Bali/JIBI
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG--Operator GSM 3 yang dikelola PT. Hutchinson 3 Indonesia menggelar uji coba teknologi LTE di frekuensi 1800 Mhz wilayah DIY - Bali, 1 Mei - 31 Juli 2014.

Uji teknologi long term evolution - 3GPP 4G itu mengacu izin uji coba teknis dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia 10 April 2014.

Manjot Mann Presiden Direktur Tri optimistis uji coba berjalan dengan lancar didukung infrastruktur dan teknologi yang telah berstandar sekaligus siap mengaplikasi teknologi LTE.

"Untuk menerapkan LTE ada dua elemen krusial yang kami butuhkan, kesiapan perangkat dan spektrum," ujarnya dalam keterangan pers, Rabu (4/6/2014).

Lebih lanjut, pihaknya siap untuk berinvestasi melalui pengadaan perangkat dan tinggal menunggu langkah pemerintah untuk menentukan realokasi spektrum yang akan dipergunakan oleh Indonesia untuk teknologi LTE.

"Seperti layaknya yang sudah diaplikasi global market, Tri berharap LTE dapat diaplikasikan di spektrum 1800 Mhz ,” tegasnya.

Kepastian regulasi spektrum merupakan tantangan serius yang dihadapi dalam perannya sebagai salah satu pemain utama di pasar LTE.

Dengan peran spektrum sebagai salah satu sumber daya penting dalam penyediaan layanan data, Tri berharap ke depan pemerintah bisa menetapkan aturan yang menciptakan kompetisi sempurna bagi seluruh pihak terkait.

“Harapan kami tentunya pemerintah mampu bijak dalam menetapkan alokasi jatah spektrum yang sesuai porsi bagi seluruh provider telekomunikasi,” imbuh Mann.

Tri kini memiliki salah satu teknologi bidang layanan data dengan kekuatan 33.219 BTS (per Q1 2014), terdiri atas 18.707 unit BTS 2G dan 14.512 node B yang 70% diantaranya memiliki kapasitas jaringan hingga 42mbps.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper