Frekuensi 850 MHz Segera Ditata Ulang

Rezza Aji Pratama
Selasa, 13 Mei 2014 | 04:13 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Pemerintah berjanji segera melakukan penataan terhadap frekuensi 850 Mhz yang ditempati operator CDMA

Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) M. Ridwan Effendi mengatakan penataan ini mutlak diperlukan untuk memfasilitasi operator yang ingin menerapkan teknologi extended system for mobile communication (E-GSM). Skema ini merupakan inovasi memanfaatkan frekuensi CDMA untuk digunakan oleh operator GSM.

“Yang butuh penataan sebenarnya Telkom biar anak usahanya Telkomsel bisa pakai frekuensi Flexi,” ujarnya, Senin (12/5/2014).

Telkomsel saat ini memang tengah melakukan uji coba frekuensi teknologi E-GSM di Papua. Namun, Ridwan melanjutkan penerapan E-GSM ini terkendala persoalan teknis.

Pasalnya, diantara frekuensi Flexi di 850 Mhz dan frekuensi Telkomsel di 900 Mhz masih terdapat frekuensi Mobile 8 yang kini telah bergabung dengan Smart menjadi PT Smartfren Telecom Tbk.

Ridwan mengklaim direksi Mobile 8 juga sudah setuju untuk dilakukan penataan ini. Saat ini BRTI memang tengah melakukan kajian soal beberapa opsi penyelamatan CDMA.

Bulan ini, hasil kajian tersebut akan diserahkan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring sebagai bahan pertimbangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper