Akun Misterius Ini Upload 77.000 Video ke YouTube, Siapa Dia?

Sepudin Zuhri
Rabu, 7 Mei 2014 | 11:24 WIB
YouTube/Bisnis.com
YouTube/Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Webdriver Torso telah mengupload 77.000 video ke YouTube. Apakah mereka itu terhubung dengan spionase atau alien?

Selama 7 bulan terakhir, channel single YouTube itu telah menguapload rerata 1 video setiap 20 detik. Setiap video itu sama, dengan durasi 10 detik, hanya berbentuk gambar biru dan persegi panjang berwarna merah yang bergerak disertai dengan nada elektronik.

Namun, setiap video tunggal itu memiliki caption "aqua.flv" di pojok bawah kiri.

Dilansir dari theguardian, Rabu (7/5/2014), 77.000 atau lebih video semuanya telah diunggah oleh akun bernama "WebDriver Torso".

Teori berkisar dari permainan realitas alternatif untuk kegiatan di luar bumi, melalui spionase dan viral marketing.

Sementara di blog BoingBoing, pengguna Enkidu berspekulasi bahwa video mungkin menjadi versi digital dari mata-mata '"sejumlah stasiun". Ini peninggalan perang dingin adalah stasiun radio yang menyiarkan nomor acak pada interval periodik.

Mereka dianggap sebagai dasar dari metode komunikasi dikodekan menggunakan apa yang dikenal sebagai "satu kali bantalan", lembaran besar data acak yang memungkinkan mata-mata membuat pesan bisa dipecahkan.

The Daily Dot Brendan O'Connor mencoba untuk melacak pencipta video, tetapi tidak berhasil; siapa yang ada di balik akun YouTube.

Namun, O'Connor menemukan sebuah perusahaan bernama Selenium yang membuat produk yang disebut Selenium Ice, yang memiliki fungsi yang disebut  WebDriver. Perangkat lunak ini digunakan untuk mengotomatisasi pengujian website, tapi bahkan penciptanya tidak tahu apa video itu.

"Itu tampak kemungkinan bahwa "WebDriver Torso" adalah bagian dari proyek ini, bukan hanya karena kata baru bersama tetapi juga karena otomatisasi tampak seperti satu-satunya penjelasan yang masuk akal untuk meng-upload beberapa video ini.

Tapi Patrick Lightbody , yang telah terlibat dengan Selenium sejak tahun 2005, membantah bahwa ada hubungan antara WebDriver mereka dan WebDriver Torso. "Video itu terlihat seperti mereka mencoba untuk melakukan kontak dengan alien," tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper