Advan Optimistis Target Penjualan di Jabar Tercapai

Ria Indhryani
Kamis, 27 Maret 2014 | 13:44 WIB
Ilustrasi/advandigital
Ilustrasi/advandigital
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG -- Produsen ponsel merek lokal Advan optimistis dapat mencatat penjualan sesuai target atau 150 ribu unit smartphone di Jabar pada Q1/2014.

Ellen Gunawan, Brand Manager Advan, mengungkapkan pada kuartal pertama ini perusahaan sengaja menargetkan penjulan sedikit lebih rendah dari pada periode yang sama tahun sebelumnya, karena terkait dengan masa pemilihan umum yang semakin dekat.

Pada kuartal pertama tahun ini, target penjualan smartphone Advan di Jabar sengaja diturunkan sekitar 10% dari kuartal yang sama tahun sebelumnya.

“Banyak industri termasuk Advan yang bergerak di industri ponsel berusaha wait and see terhadap pasar menjelang pemilu ini. Oleh karena itu, perusahaan sengaja tidak mematok jumlah penjualan tinggi agar target pasar tersebut dapat tercapai,” katanya saat coaching clinic produk T5c di Bandung, Kamis (27/3/2014).

Ellen mengungkapkan pasar smartphone Advan terbesar masih dari produk S5E yang berkontribusi sekitar 30% dari total penjualan dan sisanya merupakan produk-produk 7 inch dan 8 inch.

Menurutnya, perusahaan mungkin akan kembali menargetkan jumlah yang lebih besar pada kuartal selanjutnya, seiring dengan berakhirnya masa pemilu.

Perusahaan juga berharap, penjualan pada tahun ini khususnya dapat didorong dari produk yang terakhir diluncurkan perusahaan yaitu Vandroid T5c yang baru diluncurkan satu bulan terakhir dengan harga Rp1,9 juta.

Ellen mengungkapkan T5c memang masih belum memberikan kontribusi besar karena ketersediaan produk ini terbilang cukup terbatas.

“Pada bulan pertama peluncurannya, penjualan T5c ini tidak besar karena memang masyarakat masih harus diedukasi akan manfaat dari spesifikasi yang dimiliki oleh perangkat tersebut.”

Namun, seiring gencarnya berbagai program edukasi yang dilakukan perusahaan, pada Meret ini T5c di pasar area Jabar berhasil mencatat penjualan yang sudah ditargetkan yaitu 1.000 unit per bulan.

Dia mengungkapkan T5c sengaja didesain dengan harga dan spesifikasi khusus untuk menyasar segmen anak muda dengan manfaat yang sanggup memberikan performa besar untuk penggunanya.

Salah satu yang dilakukan Advan untuk mendongkrak penjualan di pasar Jabar yaitu berpartisipasi dalam berbagai pameran produk gadget dan elektronik di Bandung, salah satunya yaitu Mega Bazaar Computer 2014.

Pada pameran yang berlangsung hingga 30 Maret 2014 tersebut, Advan menargetkan penjualan minimal 300 unit smartphone.

“Pada pameran ini kami menargetkan dapat mencatat penjualan hingga 500 unit dan minimal 300 unit. Dari hasil hari pertama, penjualan memang tidak terlalu besar, namun tetap di luar ekspektasi khususnya untuk produk T5c,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ria Indhryani
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper