Famy, Aplikasi untuk Mengecek Lokasi Anggota Keluarga Hadir di Indonesia

Riendy Astria
Selasa, 31 Desember 2013 | 17:30 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Guna mendekatkan keluarga di manapun mereka berada, Famy, sebuah aplikasi pencarian lokasi dan komunikasi diluncurkan di Indonesia.

Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk keluarga Indonesia, teman dekat ataupun pasangan yang menggunakan smartphone Android. Untuk pengguna iPhone, akan tersedia di Maret 2014.

Famy memberikan penggunanya ketepatan waktu, keakuratan lokasi dan kesempatan berkomunikasi untuk mendekatkan hubungan dalam keluarga, serta menjaga dari situasi berbahaya.

Kebersamaan keluarga sudah menjadi sebuah kemewahan yang tidak mudah didapat, karena kesibukan masyarakat modern membatasi terciptanya komunikasi efektif. Berbagi info lokasi dengan anggota keluarga dapat menjadi salah satu bentuk curahan perhatian.

Ditambah lagi, fitur berkirim pesan dapat membuat seluruh anggota keluarga terkoneksi dimanapun dan kapanpun.

Meskipun orangtua bekerja jauh dari rumah atau anak sekolah di luar kota/negeri, Famy dapat menghilangkan kesan jauh dan menjaga keluarga untuk tetap harmonis.

Wooju Cho, CEO dari Spacosa, pembuat aplikasi dari Korea ini, mengatakan kelebihan paling utama dari Famy adalah kemampuannya dalam menjaga keamanan keluarga dari bahaya, seperti penculikan dan bencana alam.

Menurutnya, ketika salah satu anggota keluarga terlihat berada di lokasi yang asing, anggota lainnya bisa langsung mengecek kondisinya.

"Atau ketika seseorang ada di dalam situasi berbahaya, dia dapat langsung menekan tombol SOS. Selanjutnya, lokasi dan sebuah panggilan tanpa suara (silent call) secara otomatis akan terkirim ke anggota keluarga yang lain, dan penerima panggilan dapat merekam kejadian tersebut," kata Cho dalam siaran pers-nya, Selasa (31/12/2013)i.

Dia menilai, Famy adalah aplikasi pencarian lokasi untuk keluarga yang paling akurat. Spacosa telah membangun dan mengembangkan mesin pencarian lokasi (location engine) milik sendiri yang berbasis Google Maps V2 dan Google GCM.

Aplikasi ini menggunakan sistem GPS yang juga ditunjang oleh jaringan Wi-Fi dan 3G. Tidak hanya itu, dalam penggunaan baterai, Famy hanya memerlukan maksimal 1/10 energi dari servis pencarian lokasi lainnya.

Mengingat belum tentu semua orang sudah terbiasa untuk berbagi lokasi, Famy juga memberikan pilihan untuk mengganti mode sehingga pengguna dapat memilih untuk memperlihatkan lokasi mereka atau tidak.

Pilihan mode yang ada adalah protection, public, approval, atau secret, sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Spacosa meluncurkan Famy demi memenuhi visinya untuk membangun kedekatan hubungan keluarga di seluruh dunia. Famy pertama kali diluncurkan di Korea Selatan pada 1 Oktober 2013. Saat ini phaknya tengah melebarkan bisnis ke pasar Asia melalui Famy versi global.

Pihaknya melihat Indonesia sebagai pasar yang sangat menarik, baik dari tingginya tingkat penggunaan jaringan sosial, smartphone dan juga populasi penduduk yang sangat besar.

"Untuk itu, kami akan terus membangun dan melokalisasi semua fitur aplikasi mengikuti kebutuhan pengguna dan membantu keluarga Indonesia untuk tetap dekat dimanapun mereka berada,” kata Cho.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Riendy Astria
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper