BlackBerry Bangun Pabrik di Indonesia, Apa Alasannya?

Ismail Fahmi
Kamis, 26 Desember 2013 | 07:44 WIB
/Ilustrasi
/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, LONDON--BlackBerry Ltd  mencapai kesepakatan lima tahun dengan Foxconn untuk memproduksi perangkat smartphone di Indonesia dan Meksiko, sebagai upaya mengatasi kerugian.


"Foxconn akan membuat produk untuk BlackBerry di pabrik di Indonesia dan Meksiko," tulis pernyataan resmi kedua perusahaan, sebagaimana dikutip Bloomberg  Kamis(25/12/2013).  

Dalam kerja sama itu,  BlackBerry akan memiliki semua kekayaan intelektual dan menangani penjaminan mutu melalui Foxconn , Apple Inc ( AAPL ) pemasok dan produsen terbesar di dunia produk elektronik .

Kesepakatan itu memungkinkan BlackBerry lebih menguntungkan dari biaya operasional pabrik, sehingga  perusahaan  tersebut bisa fokus pada perangkat lunak dan layanan .

Setelah bertahun-tahun pangsa pasar 'digilas'  Apple dan Google Inc ' s Android , perusahaan tersebut mencoba bangkit  dengan penekanan pada pelanggan bisnis.

"Kesepakatan dengan Foxconn juga lebih praktis bagi  BlackBerry karena tidak ekonomis untuk memproduksi handset dalam jumlah kecil,"  kata Andy Perkins , seorang analis di Societe Generale di London.

Penjualan BlackBerry pada periode tiga bulan yang berakhir 30 November dilaporkan turun 56%  menjadi US$1,190. miliar. (Bloomberg)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswires
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper