Natal & Tahun Baru, Operator Panen Peningkatan Trafik SMS & Telepon

Ema Sukarelawanto
Senin, 23 Desember 2013 | 16:03 WIB
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR - Operator Telkomsel memperkirakan trafik layanan pada libur Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 bakal melonjak 22,6% untuk SMS, data 18,3% dan layanan suara 13,7% dibandingkan hari biasa.

GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra Ganot Sunoto mengatakan untuk mengantisi kenaikan trafik tersebut telah disiapkan peningkatan kapasitas jaringan yang mampu mengakomodasi 108 juta SMS, layanan data 18,67 terabyte, suara 1015 juta menit dan visitor location register10,8 juta pelanggan.

“Langkah itu dilakukan dengan menambah kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan di 30 titik premium yang diprediksi mengalami lonjakan trafik layanan yang puncaknya terjadi pada malam pergantian tahun,” katanya, Senin (23/12/2013).

Menurut Ganot upaya peningkatan kualitas layanan dan jaringan yang dilakukan Telkomsel antara lain dengan mengidentifikasi 30 titik keramaian utama di Bali Nusra yang disingkat “Premium” yakni public services, religious events, entertainment events, malls and shopping center, indoor events, uniqueness, dan massive crowd.

Dari 30 titik tersebut, lima wilayah yang menjadi pusat lonjakan utama trafik layanan adalah Bandara Ngurah Rai, Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Tanjung Benoa, Kuta Legian, dan Pantai Senggigi.

“Kata Premium ini juga mengartikan bahwa Telkomsel berkomitmen memberikan layanan yang premium atau utama kepada para pelanggan agar dapat menikmati layanan komunikasi suara, SMS, maupun data dengan nyaman dalam kondisi paling ramai sekalipun," ujarnya.

Telkomsel telah menggelar lebih dari 3.600 base transceiver station (BTS) di Bali Nusra. Layanan tersebut juga didukung 11Compact Mobile BTS (Combat) untuk menjamin kualitas jaringan agar tetap prima.

Dari sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel menyiagakan 21 armada Mobile GraPARI di lokasi-lokasi yang masuk dalam kategori “Premium” dan menjamin ketersediaan produk melalui 104 outlet siaga. Selain itu, 5 GraPARI termasuk GraPARI 24 Jam Kutabex juga siap melayani kebutuhan masyarakat selama periode Natal dan Tahun Baru 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper