Aplikasi Nirkabel: Ini Kunci Sepeda dengan Bluetooth

Gombang Nan Cengka
Sabtu, 21 Desember 2013 | 03:59 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda berpikir untuk memiliki kunci sepeda yang dapat dibuka dengan ponsel? Ini dapat dengan mudah dilakukan dengan memanfaatkan konektivitas Bluetooth. Bila kunci tersebut mendeteksi bahwa ponsel yang tentunya sudah dipasangkan atau sudah diidentifikasi sebelumnya berada di dalam  jangkauan kunci, pemiliknya dapat membukanya dengan isyarat yang sudah ditentukan sebelumnya di ponsel. Dan karena jangkauan Bluetooth terbatas membuka kunci dari ponsel ini harus dilakukan dari jarak dekat.

Konsep yang mirip ini sebenarnya bukan hal baru. Ada aplikasi ponsel yang dapat membuka kunci layar (screensaver lock) pada komputer, yang dijalankan untuk ponsel Symbian. Namun aplikasi tersebut pada dasarnya berfungsi sebagai deteksi kedekatan ponsel dengan komputer.

Tentunya pengunci sepeda punya banyak perbedaan penting daripada sekedar pengunci layar komputer.  Kunci sepeda harus tahan terhadap pembongkaran secara fisik tidak hanya secara digital. Bila hendak menggunakan Bluetooth kunci sepeda juga harus memiliki sumber daya listrik sendiri yang mencukupi. Karena harus digunakan di lapangan rangkaian elektronik yang tersimpan dalam kunci juga harus tahan terhadap hujan, panas, dan debu.

Mehrdad Majzoobi, seorang insinyur elektro, telah memikirkan semua hal ini ketika merancang kunci sepeda Bluetooth yang dinamainya BitLock. Untuk menekan konsumsi daya misalnya BitLock menggunakan standar Bluetooth Low Energy (BLE). Ketika Mehrdad mulai mengembangkan standar Bluetooth ini hanya kompatibel dengan Apple iPhone 4S saja, tetapi pada saat ini beberapa model ponsel lain juga tampaknya sudah mendukung termasuk iPhone 5/5S, Samsung Galaxy S3/S4, Samsung Galaxy Note 2/3, HTC One, Google Nexus 4/5.

Untuk baterai BitLock menggunakan teknologi Litium tionil klorida, yang disebut-sebut memiliki laju pembuangan muatan (self-discharge rate) yang rendah. Muatan maksimum baterai seperti Litium Ion memang selalu berkurang seiring bertambahnya umur baterai. BitLock disebutkan dirancang untuk dapat bertahan selama 5 tahun sebelum diganti (10 ribu siklus membuka/mengunci).

Agar dapat menggunakan kunci canggih ini pemiliknya harus memasang aplikasi iOS atau Android ke dalam ponsel yang sudah didukung terutama yang mendukung BLE. Aplikasi ini tidak hanya berguna untuk memasangkan kunci dengan ponsel dan membuka kunci, tetapi juga memberikan fitur tambahan. Salah satunya adalah untuk berbagi sepeda alias bike sharing dan melacak sepeda. Pelacakan sepeda mensyaratkan modul GPS yang harus dipasang terpisah dari kunci Bluetooth.

Bagaimana bila baterai ponsel habis sehingga pemiliknya tidak dapat membuka kunci lewat Bluetooth? Tersedia pilihan untuk membuka kunci menggunakan passcode berupa angka 16 digit.

Perusahaan yang didirikan Mehrdad, Mesh Motion Inc, berencana untuk menjual produk ini setelah tanggal 14 November 2013. Dana untuk produksi awal produk ini sendiri masih dikumpulkan di situs Kickstarter. Mesh Motion Inc berharap dapat mengumpulkan dana US$ 120.000 agar produksi masal BitLock dapat terwujud. (k8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper