Bidik Pasar Asean, Arkalogic Transaksi Andalkan Aplikasi Moneta

Roberto A. Purba
Kamis, 14 November 2013 | 17:26 WIB
Bagikan

Bisnis.com, SINGAPURA -  PT Arkalogic Transaksi, perusahaan penyedia teknologi mobile payment, membidik pasar Asean untuk memasarkan aplikasi Moneta dengan alasan peluangnya cukup terbuka.

Aryo Karbhawono, CEO Arkalogic, mengatakan kebutuhan solusi sistem pembayaran begitu besar seiring dengan terus berkembangnya pola transaksi.

"Kami ingin masuk ke sejumlah negara Asean. Secara umum, kesempatannya cukup terbuka, karena pada prinsipnya teknologi untuk sistem pembayaran tidak jauh berbeda," katanya, Kamis (14/11).

Dia mengatakan salah satu strategi bersaing di pasar internasional ialah dengan menjadi peserta pada konvrensi Finovate Asia 2013 di Singapura. Finovate merupakan ajang konvrensi internasional yang menampilkan inovasi teknologi untuk industri keuangan.

Pada tahun ini, tercatat sebanyak 38 perusahaan dari sejumlah negara yang menjadi peserta.

Arkalogic telah mengembangkan aplikasi Moneta, solusi yang antara lain berfungsi untuk pembayaran, pengiriman dan menerima uang, serta dompet virtual.

Dia mengatakan pola transaksi Moneta cukup beragam, antara lain bisa menggunakan mobile electronic data capture (EDC) dengan menggunakan ponsel pintar.

Perusahaan start-up teknologi tersebut menargetkan pangsa pasar sekitar 3% terhadap total pengguna mobile banking di Indonesia pada tahun depan.

"Target 3% itu termasuk untuk produk mobile EDC. Unitnya sudah ada dan siap dipasarkan," katanya.

Dia mengakui untuk memperbesar basis pengguna mobile payment tidak mudah, karena harus mengubah kebiasaan nasabah bertransaksi.

Selain itu, Arkalogic juga perlu terus meyakinkan bank dan nasabah bahwa bertransaksi menggunakan solusinya lebih mudah dan tetap aman.

"Dari sisi bank, tidak ada teknologi yang harus diubah untuk mengimplementasikan Moneta. Solusi kami ini bisa menjadi jembatan transaksi antarbank, maupun dengan nasabah," paparnya.

Eric Mattson, CEO Finovate, mengatakan konvrensi merupakan ajang untuk memperkenalkan solusi dan inovasi apa saja yang bisa dimanfaatkan industri finansial untuk mempermudah transaksi atau memberikan nilai tambah.

Menurutnya, solusi untuk industri finansial terus berkembang secara dinamis, seiring dengan kebutuhan dan kebiasaan masyarakat.

"Kebutuhan terhadap solusi terus berkembang. Oleh karenanya, kami mencoba untuk menjembatani kebutuhan industri keuangan. Kami melihat solusi dari Arkalogic bisa memfasilitasi kebutuhan mobile payment," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper