IM2 Luncurkan Buku Digital Bukuon, Bisa Download dari Smartphone

Rahmayulis Saleh
Rabu, 9 Oktober 2013 | 15:16 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Ada kabar gembira bagi mereka yang suka membaca, dan yang sering berburu buku sampai ke keluar negeri. Kini ada toko buku digital Bukuon, yang diluncurkan oleh PT Indosat Mega Media (IM2).

Kehadiran Bukuon atas kerja sama IM2 dengan PT Technobator sebagai penyedia platform buku ini, memungkinkan pelanggan untuk membeli buku dan konten digital secara online, melalui aplikasi yang dapat diakses secara mobile melalui smartphone, tablet dan laptop.

Hulman Sidjabat,  Direktur Keuangan & Administasi IM2, mengatakan kehadiran toko buku digital ini akan sangat membantu masyarakat. Seseorang yang ingin membeli buku, tidak lagi terhalang jarak, biaya, dan waktu untuk mencari buku langsung ke tokonya.

"Tapi, cukup dengan perangkat mobile yang dimiliki, sudah bisa melakukan pencarian buku yang diawali dengan mengunduh aplikasi Bukuon," ujar Hulman saat peluncuran di Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Menurut dia, selain nyaman, beli buku digital di Bukuon juga lebih murah, dan mendukung kebijakan ramah lingkungan, karena akan menurunkan penggunaan kertas yang berarti penyelamatan hutan, ungkapnya.

Dia menjelaskan yang membedakan antara toko buku digital Bukuon dan toko buku digital lain, adalah fitur teknologi resumable download.

"Bila terjadi interupsi koneksi saat download berlangsung, pelanggan tidak perlu khawatir karena Bukuon memungkinkan pelanggan untuk me-resume download, yaitu meneruskan download dari posisi terakhir download yang tertunda, baik gambar maupun teks," ujarnya.

Fitur unik lainnya, katanya, adalah pembelian buku di aplikasi ini dapat dilakukan secara parsial. Di Bukuon, lanjutnya, pelanggan dapat memilih untuk membeli versi lengkap atau membeli seluruh buku per bab, atau per segmen sesuai yang diinginkan.

Misalnya pelanggan membeli bab 1 terlebih dahulu. "Setelah dia merasa tertarik pelanggan dapat melanjutkan membeli bab-bab berikutnya. Atau bila hanya ingin beli bab ke-3 atau bab lain, boleh saja," ujarnya.

Thalhah Pakhrizal, GM Adjacent Business IM2, menambahkan di dalam Bukuon ini tersedia beberapa katalog buku yang terbagi dalam sejumlah kategori/genre.

Adanya kategori ini, katanya, akan mempermudah pelanggan dalam melakukan pencarian dan pemilihan buku. Fitur lain yang juga tersedia ada bookmarking, manajemen katalog, dan fitur membaca buku yang terdiri dari daftar isi, navigasi, dan lainnya."

"Ke depannya Bukuon ini tidak hanya mengalihkan buku cetak ke buku digital. Tapi juga memungkinkan pembaca untuk berbagi pendapat, berdiskusi, dan memberikan komentar di halaman buku. Jadi lebih interaktif," ungkap Thalhah.

Dia mengatakan untuk dapat menggunakan aplikasi Bukuon, pelanggan cukup melalukan registrasi dengan mengisi data, dan menyetujui terms & condition yang ditetapkan oleh IM2.

"Pelanggan yang berhasil melakukan registrasi akan mendapatkan PIN aktivasi, yang akan dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan. Selanjutnya PIN tersebut diinput di diaplikasi Bukuon untuk aktivasi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper