Ini Aplikasi Terbaru Google, untuk Menghitung Biaya Makan Malam Anda

Sepudin Zuhri
Selasa, 8 Oktober 2013 | 08:46 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pekan lalu Apple berhasil mematenkan fitur sensor sidik jari, dan sekarang giliran Google menerapkan paten yaitu bagaimana mengontrol orang untuk makan malam mereka.

Seperti dikutip dari dailiymail.co.uk, paten Google itu, yang disebut 'pelacakan dan mengelola pengeluaran kelompok (tracking & managing group expenditure), awalnya diajukan pada Maret 2012, tetapi baru saja diumumkan kepada publik.

File rinci pada sistem otomatis -kemungkinan besar sebuah aplikasi- yang bekerja di luar apa yang orang dalam kelompok berutang terhadap tagihan.

Sistem itu bekerja jika ada utang yang harus dibayar antara anggota individu dan dapat melakukan pembayaran, atau mentransfer uang antarrekening secara otomatis.

"Seringkali, orang terlibat dalam kegiatan dalam sebuah kelompok. Misalnya, teman-teman mungkin pergi berlibur bersama-sama, merencanakan sebuah acara bersama, atau pergi untuk makan malam," papar hak paten tersebut.

"Ketika kelompok menimbulkan tagihan, biasanya salah satu anggota kelompok akan membayar tagihan keluar dari kenyamanan dan mengharapkan untuk dibayar kembali oleh anggota kelompok lainnya."

Ini diluncurkan keluar dari versi beta minggu lalu di iOS dan hanya tersedia di New York saat ini.

Setelah pelanggan membuka rekening dengan Cover, mereka dapat memeriksa diri ke sebuah restoran yang terdaftar dalam sistem itu.

Sebelum makan malam, satu orang dalam kelompok memberitahu pelayan mereka berencana untuk membayar menggunakan Cover.

Setelah makan malam, aplikasi itu membagi tagihan antara berapa banyak orang dalam kelompok dan pembayaran dilakukan ke restoran secara otomatis, artinya, kelompok itu bisa langsung pergi.

Jika Anda ingin memberikan uang tip kepada pelayan, juga dapat ditentukan, tetapi persentasenya dapat disesuaikan tergantung pada pelayanan yang didapatkan selama makan malam di restauran itu.

Contoh Kasus

Menurut paten itu: Asumsikan kelompok yang dibuat untuk melacak dan mengelola pengeluaran empat teman saat berlibur di Miami.


Saat berlibur, suatu hari hanya tiga orang itu pergi makan siang di sebuah restoran, karena satu orang teman lainnya tidak lapar pada saat itu.
Tagihan untuk makan siang adalah US$60 dan teman 1 membayar tagihan menggunakan layanan mobile payment.

Teman 1 menambahkan makan siang sebagai pengeluaran kelompok. Bila formulir ini disajikan untuk Teman 1 untuk makan siang, Teman 1 menunjukkan bahwa makan siang harus dialokasikan ke teman 1-3.

Makan siang tidak dialokasikan ke Teman 4 karena Teman 4 tidak berpartisipasi dalam makan siang. Teman 1 menyediakan jumlah berikut alokasi dalam bentuk: teman 1 US$25, teman 2 US$16, dan US$19 yang harus dibayar teman 3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper