Fairfax Akuisisi BlackBerry Senilai US$4,7 Miliar

John Andhi Oktaveri
Selasa, 24 September 2013 | 07:14 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--BlackBerry Ltd. sepakat diakuisisi  senilai US$4,7 miliar oleh satu kelompok usaha yang dipimpin oleh pemegang saham terbesarnya, sehingga membuka jalan bagi privatisasi perusahaan itu setelah bertahun-tahun kalah bersaing dengan iPhone dan Android.

Kelompok usaha yang dipimpin oleh Fairfax Financial Holdings Ltd. (FFH) tersebut akan menawarkan harga US$9 per unit saham dalam bentuk dana tunai, menurut sebuah pernyataan perusahaan itu. Konsorsium tersebut kini mulai mencari pendanaan atas tawaran tersebut karena masih bisa melakukan negosiasi.

BlackBerry, yang pernah memimpin bisnis telepon pintar, terpaksa menjual usahanya tahun ini setelah sistem operasinya yang baru gagal untuk membuatnya bangkit kembali.

Untuk enam pekan ke depan, kelompok usaha yang dipimpin Fairfax itu akan mempelajari kinerja perusahaan pembuat peralatan tersebut, sementara itu CEO BlackBerry Thorsten Heins dan suatukomisi khusus masih melihat kemungkinan alternatif lain.

“Transaksi ini akan membuka babak baru privatisasi yang menggembirakan bagi BlackBerry, pelanggan, distributor, dan karyawannya,” ujar CEO Fairfax, Prem Watsa dalam satu pernyataannya.

Dia menambahkan pihaknya bisa memberikan nilai tambah kepada pemegang saham sambil terus menjalankan strategi jangka panjang di suatu perusahaan swasta yang fokus memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan di seluruh dunia. (ltc)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper