Komunikasi dari Mulut ke Mulut (WoM) Jadi Referensi Konsumen Pilih Smartphone

Rio Sandy Pradana
Minggu, 22 September 2013 | 04:31 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rekomendasi dari mulut ke mulut (word of mouth) ternyata menjadi faktor utama yang mempengaruhi pemilihan masyarakat di delapan negara dalam memilih smartphone.

Direktur Nielsen Telecom dan Technology Practice untuk Asia Tenggara, Asia Utara dan Pasifik Sagar Phadke mengatakan sebagian besar konsumen di Asia Pasifik memasukkan ulasan dari internet dan blog serta rujukan dari teman, rekan dan keluarga sebagai faktor yang paling umum dalam mempengaruhi keputusan mereka dalam membeli.

“Australia, Indonesia, India, Thailand, dan Filipina memilih mendengarkan teman atau keluarga mereka. adapun, masyarakat di China dan Malaysia lebih percaya pada informasi dari internet,” kata Phakde dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Sabtu (21/9/2013).

Selain itu, konsumen di delapan negara yang tercakup dalam laporan Nielsen menyebutkan faktor merek dalam tiga urutan teratas kriteria pembelian sebuah smartphone. Fitur sistem operasi juga merupakan kriteria seleksi yang penting.

Keyboard QWERTY mempertahankan relevansinya di Indonesia, India dan Filipina, tetapi, ukuran layar dan fungsi layar sentuh menjadi semakin penting bagi konsumen.

Masyarakat di Australia, India, dan China lebih menempatkan merek dalam prioritas utama pemilihan smartphone, sedangkan Indonesia memilih mengutamakan keandalan sistem operasi.

Adapun, Singapura memilih ukuran lebar layar, Malaysia dari keekonomisan harga, Thailand dari sisi kemudahan penggunaan, dan Filipina mengutamakan daya tahan baterai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper