Galaxy Gear, Arloji Cerdas Buatan Samsung Segera Dirilis

M. Taufikul Basari
Selasa, 20 Agustus 2013 | 00:36 WIB
Bagikan

Bisnis.com, SEOUL- Samsung Electronics Co akan memperkenalkan Galaxy Gear, semacam perangkat arloji yang dapat membuat panggilan telepon, menjelajah Web dan menangani e-mail.

Menurut dua sumber Bloomberg, perangkat tersebut bakal dirilis pada 4 September 2013, dua hari sebelum dimulainya acara pameran elektronik IFA di Berlin.

Menurut sumber yang menolak disebutkan namanya itu Galaxy Gear yang didukung oleh sistem operasi Android besutan Google Inc ditujukan untuk menyaingi produk keluaran Apple Inc.

Perusahaan teknologi terbesar di Asia ini tengah bersaing dengan pembuat barang elektronik lain seperti Sony Corp untuk menciptakan industri perangkat baru yang dapat dikenakan manusia.

Industri jam tangan global sendiri diprediksi menghasilkan penjualan lebih dari US$60 miliar tahun ini.

Bloomberg menulis bahwa perusahaan pertama yang dapat membuat perangkat multitask dengan menggabungkan fungsi arloji bisa mengunci pelanggan dalam platform mereka, sekaligus mendorong penjualan telepon cerdas.

"Pastinya ini akan mengukir ceruk baru karena ini merupakan produk yang pertama di pasar," kata Chung Chang Won, seorang analis di Nomura Holdings Inc di Seoul.

Menurutnya perangkat baru ini bisa menjadi salah satu tren di pasar smartphone. Namun, Chung belum yakin apakah jam tangan atau kacamata yang akan menjadi tren.

Salah satu sumber lain mengatakan Galaxy Gear yang dirilis bulan depan tidak akan memiliki layar fleksibel, meskipun perusahaan terus berupaya mengembangkan layar yang bisa dibengkokkan.

Jika benar dirilis 4 september, maka produk ini akan diresmikan pada hari yang sama dengan Samsung Galaxy Note 3, suatu kombinasi smartphone dan komputer tablet.

Bloomberg Newsweek menyebut Galaxy Gear bukan arloji cerdas pertama karena sebelumnya pernah ada yang membuat seperti Kickstarter Darling Pebble. (Bloomberg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Others
Sumber : bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper