Trafik Data Lebaran XL Melonjak Tiga Kali Lipat

Febrany D. A. Putri
Jumat, 9 Agustus 2013 | 22:13 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Trafik data XL menjelang dan selama Lebaran pada tahun ini melonjak tiga kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Jika pada H -2 tahun lalu total trafik data XL hanya 68 TB per hari, maka pada tahun ini meningkat menjadi 240 TB per hari atau 253%. Pada H -1 tahun lalu trafik data hanya 66 TB per hari, dan pada tahun ini meningkat 271% menjadi 245 TB per hari, sementara pada Kamis (8/8), jumlah trafik data 225 TB per hari, atau meningkat 263% dibandingkan pada 2012.

Direktur Service Management PT XL Axiata Tbk Ongki Kurniawan mengatakan lonjakan tersebut disebabkan oleh peningkatan pertumbuhan penggunaan ponsel pintar dan high end phone yang didukung beragam paket layanan data.

"Hal ini kemudian mendorong peningkatan penggunaan layanan aplikasi messaging secara signifikan," ujar Ongki pada Jumat (9/8).

Beberapa layanan aplikasi penyampai pesan yang populer digunakan di antaranya Path, Kakao Talk, Facebook, Twitter, Line, dan BBM.

Peningkataan signifikan trafik data XL tersebut diakui Ongki menggerus penggunaan SMS dan layanan suara. Jika pada hari biasa trafik layanan suara mampu mencapai 600 juta menit per hari dan SMS 750 juta per hari maka pada menjelang Lebaran menurun.

Untuk SMS pada H -2 turun 24% atau hanya 570 juta SMS, H -1 turun 25,3% atau 560 juta SMS, dan Lebaran turun 28% atau 540 juta SMS. Untuk layanan suara penurunan yang terjadi tidak terlalu signifikan yakni H -2 turun 6,7% atau 560 juta menit, H -1 550 juta menit atau turun 8,3% dan Lebaran turun 3,3% atau 580 juta menit.

Peningkatan pengunaan layanan suara pada Lebaran terjadi pada Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta dengan rata-rata peningkatan 14,9%. Menyusul, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara dengan rerata peningkatan 7,8%.

"Selama perayaan Lebaran, jaringa XL tetap aman ketika melayani dan mendukung kelancara komunikasi pelanggan," pungkas Ongki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper