Pengguna Layanan Data Telkomsel Melonjak

Galih Kurniawan
Kamis, 8 Agustus 2013 | 16:30 WIB
Bagikan

Bisnis.com, SOLO— Operator telekomunikasi Telkomsel melaporkan kenaikan penggunaan data secara nasional sebesar 21,6% hingga H-1 Lebaran dibandingkan dengan hari normal.

Kenaikan signifikan juga tercatat di area Sumatera, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara yang merupakan tujuan utama mudik. Telkomsel mencatat kenaikan traffic data di Sumatera mencapai 27,2% sedangkan di Jawa Bali naik sebesar 41,84% dibandingkan dengan hari biasa sepanjang 2013.

“Kenaikan juga terjadi pada penggunaan SMS yakni 12,47%, sedangkan layanan suara turun 13,62% dibandingkan hari biasa,” ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati dalam siaran pers yang diterimaBisnis, Kamis (8/8/2013).

Telkomsel memperkirakan akan terjadi rata-rata kenaikan data sebesar 15%, suara dan SMS sebesar 5% pada Lebaran tahun ini dibandingkan hari biasa.

Kamenterian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebelumnya memperkirakan sepanjang libur Lebaran (H-1 hingga H+1) akan terjadi kenaikan komunikasi data hingga 238 terabyte atau meningkat sekitar 26% hingga 65% dibandingkan dengan kondisi normal. Kondisi tersebut dipicu peningkatan penggunaan media sosial oleh masyarakat.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Gatot S Dewa Broto menyebutkan fenomena menarik yang diperkirakan terjadi pada Lebaran kali ini adalah meningkatnya penggunaan layanan berkirim pesan seperti BBM, WhatsApp Messenger, Line, Tango, Kakao Talk dan email. Pesan yang dikirim melalui berbagai layanan tersebut diprediksi melonjak hingga mencapai 180 juta atau naik 360% dibandingkan dengan hari normal. (ltc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper