Li Ka-shing Akuisisi Telefonica Irlandia US$1,1 Miliar

John Andhi Oktaveri
Selasa, 25 Juni 2013 | 11:53 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA-- Hutchison Whampoa Ltd. milik miliuner Li Ka-shing sepakat untuk membeli Telefonica SA cabang Irlandia senilai US850 juta euro (US$1,1 miliar) setelah setahun gagal mengambil alih Eircom Group.

Three Ireland milik Hutchison, perusahaan wireless carrier terbesar ketiga di negara itu, akan membayar 780 juta euro dalam bentuk dana tunai dan tambahan 70 juta euro lainnya dibayar pada saat pertemuan membahas target kinerja, menurut perusahaan itu sebagaimana dikutip Bloomberg hari ini, Selasa (25/6/2013).  

Bergabung dengan O2 Telefonica, operator bergerak terbesar kedua di Irlandia, akan membuat peningkatan jumlah pelanggan Hutchison mencapai sekitar 2 juta dan akan menguasai pasar saham nirkabel sebesar 37,5%, menurut perusahaan yang berbasis di Hong Kong tersebut.

Tawaran sebesar 2 miliar euro oleh Three Ireland atas Eircom ditolak tahun lalu oleh tim pengawas yang memantau langkah restrukturisasi utang perusahaan itu. Restrukturisasi perusahaan telepon itu dilaporkan berada dalam pengawasan pengadilan.

Hutchison, investor Asian terbesar di sektor aset nirkabel Eropa, menyelesaikan pengambilalihan Orange di Austria tahun ini dan masih mengevaluasi rencana  merger atas cabangnya di Italia dengan Telecom Italia SpA.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Sutarno
Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper