Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PRESIDEN SBY: Tangani Secepatnya Kebakaran Hutan Sumatra!

BISNIS.COM, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan jajarannya untuk secepatnya menangani kasus kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Sumatra.
Anggi Oktarinda
Anggi Oktarinda - Bisnis.com 20 Juni 2013  |  20:04 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan jajarannya untuk secepatnya menangani kasus kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Sumatra.

Hal itu dikemukakan Menko Bidang Perekonomian Hatta Rajasa usai menghadiri Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (20/6/2013), petang.

"Ada instruksi dari presiden tentang penanganan titik-titik api dan asap [kebakaran]. Presiden meminta itu segera diatasi dalam 1 bulan," ujar Hatta.

Menteri Lingkungan Hidup Baltazhar Kambuaya menuturkan pihaknya telah mengirimkan tim Penyidik PNS (PPNS) untuk melakukan investigasi atas peristiwa kebakaran hutan.

"Kalau terbukti, akan kami ajukan ke pengadilan [perusahaan yang bertanggungjawab atas kebakaran hutan]. Mereka bisa kena hukuman denda dan kurungan," ujar Baltazhar.

Menurut dia, pemerintah sedang membicarakan langkah-langkah untuk menurunkan hujan buatan guna meredakan kebakaran dan asap tebal yang menyebar hingga ke berbagai wilayah, termasuk negara tetangga Singapura dan Malaysia.

"Tim di lapangan sedang kerja. Lahan gambut [yang terbakar] tergolong susah itu. Lama. Apalagi dalamnya 3 meter - 4 meter. Itu harus pakai hujan buatan itu baru bisa [diatasi]," ujarnya.

Dia berharap persoalan kebakaran dan asap tebal yang menyebar tersebut dapat teratasi dalam waktu 1-2 pekan ke depan.

"Ini [persoalan asap] bukan persoalan mereka [Singapura] saja, kita juga punya kepentingan. Karena kabut itu, Riau, Batam, tutup. Jadi langkah ini bukan karena mereka, tapi  kita juga punya kepentingan, kesehatan masyarakat kita."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

presiden susilo bambang yudhoyono sumatra kebakaran hutan
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top