PERSAINGAN SMARTPHONE: Sony Kian Digjaya, Apple Tercecer

John Andhi Oktaveri
Kamis, 13 Juni 2013 | 14:06 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Dominasi Sony Corp. di pasar telepon pintar terus meningkat hingga 3 tahun berturut-turut, sehingga memperlebar jarak pemisahnya dengan Apple Inc. setelah sejumlah model baru diluncurkan dengan dukungan diskon dari perushaan carrier nirkabel NTT DoCoMo Inc.

Dominasi Sony naik dua kali lebih besar dengan peningkatan angka penjualan 36% selama 4 minggu terakhir setelah Apple turun 25% pada periode yang sama, menurut lembaga riset BCN Inc.

DoCoMo, yang memiliki lebih dari 60 juta pelanggan di negara berpenduduk 127 juta tersebut, fokus pada promosi dua hanset untuk memangkas biaya promosi. Selain itu perusahaan itu merupakan satu-satunya yang tidak menjual iPhones.

Telepon pintar Xperia merupakan  bagian dari strategi Chief Executive Officer Sony, Kazuo Hirai untuk merebut kembali konsumen dan mempertahankan operasi elektronik yang tidak untung dengan peralatan bergerak yang baru.

Divisi itu akan menghasilkan keuntungan operasi sekitar US$100 miliar yen (US$1 miliar) pada tahun fiskal ini. Sedangkan kerugian tahun lalu mencapai 130 miliar yen di tengah upaya perusahaan itu menambahkan komputer tablet dan handeset baru, menurut laporan perusahaan itu 10 Mei lalu.

“Penjualan Xperia meningkat karena promosi DoCoMo atas telepon pintar baru,” ujar Keita Wakabayashi, analis dari Mito Securities Co.. Fungsionalitas  handset tersebut.

"Strategi DoCoMo adalah pada tahp pertma fokus pada satu atau dua model saja,” ujar Chief Financial Officer, Kazuto Tsubouchi pada 30 April lalu.(Foto:plays3vsxbox360.webs.com)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper