INFORMASI CUACA: XL Axiata Sediakan Layanan Untuk Petani

Gloria Natalia Dolorosa
Rabu, 22 Mei 2013 | 15:17 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk meluncurkan layanan informasi cuaca yang dapat digunakan petani di seluruh daerah di Indonesia dan masyarakat lain. Layanan berjuluk XL Bumiku ini dapat diakses secara cuma-cuma oleh pelanggan XL mulai 18 April 2013.

Chief of Digital Services PT XL  Axiata Tbk Dian Siswarini mengatakan layanan tersebut dapat membantu komunitas petani dalam mengantisipasi perubahan cuaca. Petani lokal dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Dalam menghadirkan XL Bumiku, perusahaan memperoleh dukungan dari TotoAgriculture, organisasi nonprofit yang didanai Bill dan Melinda Gates Foundation. Agar dapat disosialisasikan ke banyak petani, perusahaan bekerja sama dengan Persatuan Rakyat Daerah (Parade) Nusantara,  komunitas yang beranggotakan para kepala desa di seluruh daerah di Indonesia.

Siaran pers yang diterima Bisnis, Rabu (22/5/2013), menyebut pada fase pertama, XL Bumiku menyediakan layanan perkiraan cuaca berdasarkan data dari TotoAgriculture.org. Fase selanjutnya, diberikan akses informasi mengenai tips tanah, tips tanaman, informasi harga pasar, dan pembelian hasil tani. 

Layanan informasi cuaca gratis ini dapat diakses menggunakan semua jenis ponsel, tidak harus ponsel pintar. Caranya, melalui UMB Channel (*123*110#) dan juga SMS ke 1100. Para petani dapat berlangganan XL Bumiku dengan mengetik Bumiku#Wilayah dan kirim ke 1100 (Contoh: Bumiku#Pekalongan).

Selain itu, informasi cuaca gratis ini dapat diterima sesuai dengan permintaan. Caranya, ketik Cuaca#Wilayah#Jumlah Hari kirim ke 1100 (Contoh Cuaca#Pekalongan#1 ). Wilayah-wilayah yang dapat diakses oleh XL Bumiku adalah Banyumas, Bandung, Garut, Kudus, Pati, Pekalongan, Purwodadi, Tegal, dan Magelang. Juga Purwokerto, Majalengka, Tasikmalaya, Madiun, Probolinggo, Serang, Jakarta Selatan, Kisaran, Labuhan Batu, Padang Sidempuan, Siantar, Tapanuli, dan Jambi. (mfm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper