Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenristek Targetkan Penetapan Dua Pusat Iptek Unggulan

BISNIS.COM, JEMBER-Kementerian Riset dan Teknologi menargetkan dapat menetapkan dua Pusat Unggulan Iptek dan menambah tujuh lembaga penelitian dan pengembangan binaan sampai akhir tahun ini.
Febrany D. A. Putri
Febrany D. A. Putri - Bisnis.com 18 Mei 2013  |  00:19 WIB

BISNIS.COM, JEMBER-Kementerian Riset dan Teknologi menargetkan dapat menetapkan dua Pusat Unggulan Iptek dan menambah tujuh lembaga penelitian dan pengembangan binaan sampai akhir tahun ini.

Pada 2011, Kemenristek menetapkan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) di Sumatra Utara sebagai PUI dan pada akhir 2012, menetapkan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Jember) dan Lembaga Penyakit Tropis Universitas Airlangga (Surabaya).

Asdep Kompetensi Kelembagaan Kemenristek,  Yohan Tiara, mengatakan saat ini ada beberapa litbang lain yang masih berada di bawah pembinaan diantaranya Pusat Kajian Holtikultura Tropika, Pusat Unggulan Riset Pengembangan Lahan Sub Optimal.

Kemudian, Pusat Penelitian Karet, Pusat Studi Biofarmaka, Konsorsium Pengelolaan Hutan Tropis Berkelanjutan, Konsorsium Rumput Laut, Konsorsium Pariwisata, Konsorsium Ruminansia Besar, Konsorsium Sagu.

"Sebagian besar terletak di Bogor, sedangkan untuk konsorsium terletak di Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, NTT, NTB, Papua dan Maluku".

Dia menambahkan sepanjang tahun ini pihaknya menganggarkan Rp10,5 miliar untuk pembinaan PUI, melonjak dari tahun lalu yang hanya Rp2,5 miliar. (34/yus)

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

karet sawit kopi kemenristek litbang pui
Editor : Yusran Yunus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top