JARINGAN FIBER OPTIK: Dirancang Menghubungkan Sulut, Ternate dan Papua

Ismail Fahmi
Minggu, 5 Mei 2013 | 12:25 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, MALANG--Pemerintah akan  membangun infrastruktur berupa jaringan fiber optik yang menyambungkan Manado Sulawesi Utara, Ternate, dan Papua.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tifatul Sembiring mengatakan rencana pembangunan jaringan tersebut bakal ditandai dengan dilakukannya breaking down pada pertengahan Mei ini.

“Dengan adanya jaringan tersebut nantinya empat pula akan tersambung. Dari ujung utara di Manado dan ujung timur di Kupang,” ujarnua  saat memberikan kuliah tamu di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Sabtu (4/5).

Selain itu sebanyak 5.748 kecamatan yang ada di Indonesia lanjut Tifatul juga masuk dalam layanan internet kecamatan. Layanan tersebut juga didukung oleh mobil operasional. Sehingga melalui layanan internet kecamatan tersebut diharapkan anak-anak yang ada di desa bisa memiliki kesempatan untuk mengakses internet tidak kalah dengan anak-anak yang ada di kota.

“Tidak hanya itu pemerintah juga memasang 1.000 wifi gratis di kabupaten dan kota yang ada di Indonesia. Hal ini juga dalam upaya Indonesia conecting,” jelasnya.

Pada kesempatan itu,  Menkominfo juga menyinggung begitu tingginya nilai bisnis di bidang teknologi informasi di Indonesia yang diantaranya meliputi gadget, internet, dan telekomunikasi yang mencapai Rp400 triliun per tahun.

Hal itu juga ditandai dengan tingginya pengguna media jejaring sosial seperti Facebook yang mencapai 47 juta pengguna dan Twitter sebanyak 37 juta pengguna. 

“Indonesia merupakan pasar yang besar di bidang teknologi informasi menyusul pertumbuhan ekonomi Indonesia nomor dua di dunia setelah China,” ujarnya. (K25/if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Mohammad Sofi`i
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper