PERANG PONSEL PINTAR: Semakin Panas Pertarungan di Kelas Premium

Febrany D. A. Putri
Sabtu, 13 April 2013 | 14:54 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA--Pertarungan ponsel pintar premium di pasar Indonesia semakin memanas pada kuartal II/2012. BlackBerry, HTC dan Samsung akan kembali menunjukkan ponsel pintar flagship perusahaan.

BlackBerry dengan Q10, HTC One, dan Samsung Galaxy S4. Siapa paling unggul?

Sebelumnya, pertarungan kelas premium digawangi oleh empat vendor yakni BlackBerry dengan Z10, Nokia dengan Lumia 920 dan 820, serta iPhone 5. Tak ketinggalan, ponsel pintar tahan air besutan vendor asal Jepang, Xperia Z dan ZL. Belum usai pertarungan, kini HTC dan Samsung akan ikut memanaskan arena.

Setelah memperkenalkan dua barisan BlackBerry10 pada Januari lalu dan menjual BlackBerry Z10 secara global termasuk di Indonesia, kini BlackBerry kembali mencoba membangkitkan kembali pangsa pasar mereka melalui BlackBerry Q10.

Berbeda dengan pendahulunya, BlackBerry Q10 dibekali papan ketik fisik. Selebihnya, Q10 dan Z10 memiliki spesifikasi yang hampir sama. Memiliki fitur konektivitas LTE, ponsel ini juga dilengkapi layar sentuh super AMOLED. Bedanya, ukuran layar lebih kecil yakni 3,1 inci.

Kapasitas penyimpanan internalnya 16 GB, dengan RAM 2GB. Untuk prosesor, dual core 1,5 GHz Cortex A9 disematkan. Selain itu, ada kamera 8 MP yang dilengkapi LED flash dan autofocus. Fitur menarik lainnya adalah near field communication (NFC).

Di Kanada dan United Kingdom sudah dibuka pemesanan BlackBerry Q10. Meski demikian, kabarnya, ponsel ini tak akan dijual di Amerika Serikat hingga akhir Mei atau Juni.

Sementara itu, di Indonesia, pada awal Maret, ponsel ini masuk dalam tahap pengujian oleh Ditjen Postel. Proses pengujian hingga sertifikasi memakan waktu 1 bulan hingga 2 bulan, sehingga BlackBerry Q10 dikabarkan dijual di pasar dalam negeri pada akhir bulan ini atau pertengahan Mei.

BlackBerry Q10 diproyeksikan akan lebih laris di Indonesia dari Z10 karena papan ketik fisiknya. Fitur ini dinilai sesuai dengan karakteristik pasar Indonesia. Meski demikian, ada keraguan akan hal tersebut, karena harga Q10 diprediksi lebih mahal daripada Z10. Di United Kingdom, Q10 dibanderol 579 poundsterling, sementara Z10 534 poundsterling.

Sementara itu, vendor ponsel asal Taiwan, HTC telah berhasil membuat ponsel dengan desain alumunium penuh, yakni HTC One. Pada pertengahan Maret, ponsel in telah diuji coba di Indonesia. Memiliki layar sentuh 4,7 inci Gorilla Glass, ponsel ini dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 600 quad core 1,7 GHz, RAM 2 GB. Untuk kapasitas penyimpanan internal, tersedia dua versi yakni 32 GB dan 64 GB. Tak ada pilihan untuk menambah memori eksternal.

Tak hanya itu, HTC One telah dilengkapi Android seri anyar Jelly Bean 4.2. Tampilan mukanya dikustomisasi dengan HTC Sense 5. Sense % mampu mengubah bentuk tampilan layar aplikasi hingga dapat memuat folder seperti home screen.

Fitur yang menarik dari ponsel ini adalah Blink Feed dan kontrol teleisi melalui infra merah. Meski demikian, untuk kamera, ponsel ini hanya memiliki kamera beresolusi 4 MP. Namun, kamera tersebut dilengkapi teknologi Ultra Pixel yang diklaim mampu menghasilkan gambar bagus terutama dalam kondisi minim cahaya.

HTC One diprediksikan mulai dijual di pasar Indonesia pada bulan ini atau Mei. Untuk harga, HTC One diperkirakan dibanderol lebih dari Rp7 juta.

Namun, HTC One, harus ekstra hati-hati dengan ponsel pintar baru dari vendor raksasa asal Korea Selatan ini. Samsung Galaxy S4. Samsung tampaknya tak ingin tanggung-tanggung dalam flagshipnya tahun ini.

Dari layar, Galaxy S4 memiliki layar Corning Gorilla Glass 3 sebesar 5 inci super AMOLED. Prosesornya paling tinggi di antara ponsel pintar yang ada, yakni dual quad core 1,6 GHz Cortex A15 dan quad core 1,2 GHz Cortex A7 dengan GPU PowerVR SGX 544M3 dan chipset Exynos 5 OCta 5410. Adapun, ponsel ini telah dibekali sistem operasi Andorid Jelly Bean 4.2.

Untuk konektivitas, Galaxy S4 telah mendukung jaringan 4G LTE. Namun, ponsel ini tidak menggunakan SIM Card ukuran reguler, melainkan micro SIM Card. Kapasitas penyimpanan internalnya ada beberapa opsi yakni 16 GB, 32 GB, dan 64 GB dengan pilihan tambahan memori eksternal hingga 64 GB.

Kamera utamanya beresolusi 13 MP dengan autofocus dan LED flash. Ada beberapa fitur menarik yakni smart stay, smart pause, dan smart scroll. Selain itu ada pula fitur air gesture yang dapat mengenali gerakan pengguna. Samsung Galaxy S4 diprediksi dipasarkan di Indonesia pada akhir bulan ini atau awal Mei. Sama seperti HTC One, ponsel ini akan dibanderol di atas Rp7 juta.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper