Imagine Cup 2013: Tim Asal Madura Wakili Indonesia ke Rusia

Galih Kurniawan
Sabtu, 13 April 2013 | 08:46 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Tim Solite Studio asal Universitas Trunojoyo Madura keluar sebagai pemenang Nasional dalam kompetisi Imagine Cup 2013 yang digelar Microsoft.

Babak Final digelar di Jakarta Jumat (12/3/2013) malam. Tim yang membawa aplikasi game Save The Hamster itu pun berhak mewakili Indonesia ke ajang Imagine Cup 2013 Worldwide Final yang akan diselenggarakan di St. Petersburg, Russia pada 8 – 12 Juli 2013 mendatang.

Di babak Final Solite Studio yang baru kali pertama berpartisipasi di ajang tersebut berhasil menyisihkan tim-tim dari sejumlah perguruan tinggi ternama seperti Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung dan Institut Teknologi Telkom.

“Tim Solite Studio berhasil memadukan aspek edukasi Matematika dengan permainan yang menarik. Konsepnya sudah matang dan mereka tim yang paling siap untuk berkompetisi di Imagine Cup 2013 Worldwide Final mendatang,” ujar President Director Microsoft Indonesia Andreas Diantoro.

Menurutnya keikutsertaan tim Solite Studio merupakan prestasi tersendiri bagi Madura karena sebelumnya belum pernah ada tim dari wilayah tersebut yang mengikuti Imagine Cup yang kini memasuki tahun ke-10 penyelenggaraan.

Dalam presentasinya semalam personel Solite tampil dengan pakaian khas Madura. Mereka juga membawa aneka aksesoris pendukung aplikasi buatan mereka. Salah satunya adalah boneka yang dapat menampilkan pesan khusus saat didekatkan pada smartphone.

Save The Hamster adalah game pada platform Windows Phone yang menceritakan tentang empat ekor hamster yang tersesat. Tugas pemain adalah membantu mereka untuk pulang ke rumah. Ada dua buah game mode yaitu original dan adventure.
Tahun ini Imagine Cup 2013 diikuti tim dari 90 institusi pendidikan mulai SMP hingga perguruan tinggi. Sebanyak empat pemenang dalam kompetisi kali ini juga mendapat modal awal masing-masing Rp25 juta dari Kementerian Koperasi dan UKM untuk mengembangkan usaha.

“Imagine Cup memupuk semangat wirausaha dan teknologi pada siswa dan menyediakan sarana bagi mereka untuk membawa ide-ide kreatif menuju realitas,” ujar Asadullohil Ghalib Kubat dari Solite Studio.

(Faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Galih Kurniawan
Editor : Fahmi Achmad
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper