Lintasarta Luncurkan IP VSAT Nomadic

Febrany D. A. Putri
Jumat, 12 April 2013 | 20:49 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA--PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta), penyedia komunikasi, data, internet, dan layanan nilai tambah yang menyasar segmen korporasi meluncurkan layanan baru mereka, IP VSAT Nomadic.

IP VSAT Nomadic adalah layanan komunikasi data via satelit yang menggunakan antena remote mobile. VSAT atau very small aperture terminal merupakan stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter.

VSAT memiliki fungi utama sebagai penerima dan pengirim data ke satelit. Satelit kemudian berfungsi sebagai penerus sinyal ke titik lainnya di bumi. Piringan VSAT menghadap ke satelit geostasioner.

Selain itu, IP VSAT Lintasarta mengunakan konfigurasi satr atau bintang dengan Hub yang terletak di Jatiluhur. Sebagau titik pusat dan satelit nasional adalah Palapa C, sementara satelit geostasioner yakni Palapa D. Sementara itu, layanan lain seperti Lintasarta IP VPN, Metro Ethernet dan Leased Line dgunakan sebagai backhaul.

"IP VSAT Nomadic merupakan transformasi dan inovasi layanan perusahaan untuk pelanggan. IP VSAT Nomadic memberikan kemudahan dalam pengoperasian dan penggunaan. Apalagi ini dapat memenuhi kebutuhan pelanggan akan layanan komunikasi data bergerak," kata Herry Waldi, Datacomm General Manager Lintasarta di sela-sela peluncuran, Jumat (12/4/2013).

Adapun, layanan ini ditujukan bagi perusahaan perbankan untuk mobil kas keliling, sektor pemerintahan untuk mobil pelayanan masyarakat seperti SIM dan STNK Keliling, serta sektor minyak bumi dan gas yang membutuhkan perangkat berdaya tahan tinggi di medan kerja ekstrim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : Febriany D.A. Putri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper