ILLINOIS UNIVERSITY Luncurkan Superkomputer untuk Mahasiswa

Galih Kurniawan
Sabtu, 30 Maret 2013 | 12:18 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKATA--Pekan ini Universitas Illinois Amerika Serikat meluncurkan superkomputer untuk keperluan penelitian. Superkomputer itu diklaim sebagai salah satu mesin tercepat di dunia.

Superkomputer itu dibangun menggunakan lebih dari 237 Cray XE6 kabinet dan 32 kabinet Cray XK7 dengan dukungan graphic processing unit (GPU) NVIDIA® Tesla® Kepler™.

Mesin yang diberi nama Blue Waters itu mampu melakukan 1 quadrillion (10 pangkat 15) kalkulasi per detik dan pada kondisi puncak superkomputer itu mampu beroperasi di 11,61 quadrillion kalkulasi per detik! Sebagai perbandingan, jika satu orang dapat melakukan 1 kalkulasi per detik, maka dia membutuhkan waktu 31 tahun untuk menyelesaikan 1 quadrillion kalkulasi.

Superkomputer itu ditujukan untuk siswa menengah, mahasiswa, pascasarjana serta ilmuwan. "Semua orang di negara ini memahami arti penting inovasi dan kemajuan teknologi di masa depan," ujar Gubernur Illinois AS Pat Quinn seperti dilansir website resmi Universitas Illinois, Kamis (28/3/2013) waktu setempat.

Adapun Direktur National Science Foundation Cora Marrett mengatakan pemanfaatan superkomputer tersebut akan menguntungkan masyarakat, salah satunya di bidang kesehatan.

Menandai peluncuran tersebut, sejumlah ilmuwan juga melakukan simulasi. Beberapa peneliti yang siap menggunakan Blue Waters antara lain Steven Gottlieb (Indiana University) dengan penelitian fisika subatomik, James Kinter dan Cristiana Stan (George Mason University) dengan penelitian tentang atmosfer, Brian O’Shea (Michigan State University) akan meneliti astrofisika, serta Schulten (Universitas Illinois) dengan penelitian tentang biofisika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Galih Kurniawan
Editor : Others
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper