E-HOTEL DI BALI: Telkom Bidik 1.000 Hotel Bintang Tiga Gunakan Aplikasi

Ismail Fahmi
Rabu, 20 Maret 2013 | 14:40 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, DENPASAR--PT Telekomunikasi Indonesia Tbk menargetkan 1.000 hotel bintang tiga di Bali menggunakan  aplikasi e-hotel guna meningkatkan kualitas produk dan layanan pada 2013.

Joddy Hernady, Senior General Manager Innovation & Design Center PT Telkom Indonesia, mengatakan aplikasi e-hotel ini membuat proses pengelolaan di hotel lebih efektif yakni berupa software as a service (SaaS) dengan menyasar hotel bintang tiga ke bawah.

“Adanya e-hotel, Telkom membantu sejumlah hotel tersebut dapat dipromosikan secara digital. Misalnya hotel tersebut belum memiliki website, Telkom akan membantu membuatkan sehingga nantinya dapat meningkatkan okupansi dan lebih dikenal secara luas,” ujarnya, Rabu (20/3).

Menurutnya, hotel bintang tiga ke atas sudah memanfaatkan teknologi dan informasi sedangkan untuk bintang tiga ke bawah sedikitnya 100 hotel sudah menggunakan aplikasi e-hotel ini. Aplikasi ini, lanjutnya, sangat penting karena mendukung peningkatan layanan dan pertumbuhan nilai bisnis hotel itu sendiri.

“Mulai dari layanan booking, manajemen kamar, hingga pengembangan hotel ke depannya. Jadi, aplikasinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan hotel. Pengusaha hotel tidak perlu lagi memikirkan investasi server tetapi hanya cukup membayar per transaksi yang ada,” paparnya.

Selain itu, Telkom juga menggandeng komunitas Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali untuk menyasar 1.000 hotel yang terdaftar dalam anggota untuk bisa mengaplikasikan layanan e-hotel guna meningkatkan kualitas dan produknya.

Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Ketua PHRI Bali, mengatakan upaya ini adalah langkah positif yang bisa dimanfaatkan oleh pengusaha hotel karena persaingan kini semakin ketat khususnya perhotelan kelas menengah ke bawah.

“Kami mendukung kinerja Telkom untuk menyediakan aplikasi dan akses internet bagi pelaku bisnis perhotelan di Bali karena juga akan menjadi pemasukan bagi hotel jika dikelola dengan baik,” paparnya.

Tidak hanya income, lanjutnya, dengan aplikasi ini hotel bisa meningkatkan pelayanan dari segi kualitas bukan lagi melihat pada jumlah kamar. Ia berharap seluruh hotel berbintang tiga ke bawah di seluruh kabupaten/kota Bali bisa menggunakan aplikasi e-hotel.  (k50/if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Others
Sumber : Steffi Purba
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper