FITUR BARU: Twitter Archive Kini Tersedia Dalam 12 Bahasa

Yusran Yunus
Senin, 11 Maret 2013 | 23:00 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Situs microblogging Twitter mengumumkan dukungan pada 12 bahasa untuk fitur Archive. Fasilitas Twitter Archive kini mendukung bahasa Belanda, Farsi, Pracis, Jerman, Hindi, Hungaria, Malaysia, Norwegia, Polandia dan Spanyol.

Pengumuman itu disampaikan melalui akun resmi @twitter, Senin (11/3/2013).

Fasilitas Twitter Archive diluncurkan pada Desember tahun lalu. Fitur itu memungkinkan pemilik akun Twitter mengakses kembali posting lama mereka. Sebelum fasilitas tersebut tersedia, sebagian pengguna memanfaatkan Application Programming Interface (API). Sayang, fungsi API tersebut dibatasi hanya ribuan unduh setiap jam.


Untuk menggunakan fasilitas Archive, pemilik akun Twitter dapat mengakses menu Settings. Di bagian bawah halaman terdapat tombol Request your archive. Pengguna akan menerima email berisi tautan untuk mengunduh arsip posting lama mereka. File itu berekstensi zip dan berisi index.html yang dapat dibuka dengan mesin peramban.


Meski begitu pengguna harus bersabar untuk mendapatkan arsip posting lama mereka karena prosesnya dapat memakan waktu beberapa hari. Pengguna yang tidak sabar bisa membuat sendiri program melalui API menggunakan sejumlah bahasa pemrograman. Sejumlah website juga menyediakan tools gratis untuk mengunduh posting lama Twitter. Salah satunya adalah program buatan Martin Hawksey yang memanfaatkan Google Docs.(39)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Yusran Yunus
Editor : Others
Sumber : Galih Kurniawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper