BISNIS PRINTER: Datascrip bertekad kuasai pasar inkjet multifungsi

 
Erly Rusiawati
Erly Rusiawati - Bisnis.com 26 April 2012  |  20:08 WIB

 

 

 

JAKARTA: Perusahaan distributor resmi printer Canon, PT Datascrip, menargetkan kuasai pasar inkjet multifungsi tahun ini dengan penguasaan pasar 65% atau menjual sekitar 700.000 unit. 

Inkjet multifungsi yakni perangkat printer yang tidak hanya berfungi mencetak (print) dokumen dan foto, tetapi juga mampu memindai (scan), menyalin (copy), maupun faks (fax). Dari data lembaga riset IDC yang dikompilasikan dengan data Canon, pasar inkjet printer tahun ini diprediksi mencapai 2,3 juta unit. Rinciannya, sekitar 1,1 juta unit adalah inkjet multifungsi dan 1,2 juta unit inkjet satufungsi. 

Division Manager Canon Consumer System Product PT Datascrip Monica Aryasetiawan menuturkan perusahaan tengah menggenjot penjualan multifungsi. Sebab, saat ini kian banyak konsumen rumah tangga yang membutuhkan inkjet jenis itu. 

“Kalau ada rumah tangga yang sudah punya printer tapi bukan multifungsi, mereka ingin beralih ke multifungsi. Begitu juga dengan rumah tangga yang belum memiliki printer sama sekali. Mereka berpersepsi lebih baik memiliki satu perangkat printer yang mampu menjalankan empat fungsi ketimbang satu perangkat yang hanya satu fungsi,” katanya hari ini, Kamis, 26 April 2012. 

Prediksinya, pasar inkjet multifungsi di Indonesia tumbuh 25% tahun ini, sedangkan inkjet satu fungsi perlahan menurun. Monica memaparkan tahun lalu perusahaan berhasil melego 500.000 unit inkjet multifungsi, sedangkan inkjet satu fungsi terjual 800.000 unit. Adapun, pasar inkjet printer nasional mencapai 2,1 juta unit. Itu artinya, Canon memangsa 61,9% pasar inkjet printer. 

Hari ini, Canon meluncurkan inkjet printer Trio PIXMA yang dapat mencetak dokumen berukuran folio. Trio yang terdiri dari MX 517, MX 437, dan MX 377 ini memiliki fitur automatic document feeder (ADF). Dengan fitur ini printer mampu menampung hingga 30 lembar dokumen sehingga dapat menyalin dan memindai dengan volume tinggi. 

MX 517 dan MX 437 memiliki fitur mobile printing yang mampu menghubungkan perangkat iOS dan Android ke printer melalui koneksi Wi-Fi. Pengguna pun bisa langsung mencetak foto atau dokumen dari perangkat mobile. MX517 dilego seharga Rp1,625 juta, MX437 seharga Rp1,425 juta, dan MX377 senilai Rp1,075 juta.Monica menargetkan trio dapat terjual 20.000 unit pada April hingga Desember tahun ini. Dari total itu, perusahaan memprediksi MX377 meraup 80%. 

Selain Trio, perusahaan juga meluncurkan Ink Efficient PIXMA E600 untuk pasar kantor kecil dan rumah merangkap kantor. Printer yang mampu mengkopi kertas berukuran A3 ini dijual seharga Rp1,45 juta. Perusahaan menargetkan dapat melego 2.000 unit pada April sampai Desember tahun ini. (msb)

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Gloria Natalia Dolorosa

Editor : Novita Sari Simamora

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top