Telkom rangkul gamer untuk pacu Internet Speedy

Bambang Priyo Jatmiko
Senin, 9 Mei 2011 | 10:15 WIB
Bagikan

Oleh Roni Yunianto

JAKARTA: PT Telkom akan meningkatkan penyerapan konten dalam negeri di bidang game yang diperkirakan dapat berkontribusi pada pertumbuhan pelanggan Internet.

Agina Siti Fatimah, Operation Vice President Public Relations PT Telkom, mengatakan komunitas gamer menjadi salah satu segmen pelanggan potensial bagi pihaknya karena memiliki daya beli kuat. Indonesia terkenal dengan kreativitasnya di duniagame. Banyak pengembangan game yang diciptakan orang Indonesia namun justru digunakan di luar negeri, untuk itu kami ingin dapat membangun hubungan dengan komunitas game developer, ujarnya hari ini.

Adapun sebagai bentuk apresiasi terhadap sejarah dan kebudayaan Nusantara serta bentuk kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia, Telkom kemarin meresmikan ujicoba open beta game online bertema sejarah nasional yaitu Nusantara Online. Game online tersebut dapat diakses di www.nusol.web.id ini merupakan salah satu upaya Telkom memperluas portofolio produknya, yaitu pada lini bisnis konten edukasi dan hiburan.

Menurut Agina, manajemen memproyeksikan pertumbuhan pelanggan Speedy berpotensi naik menjadi antara 2,5 dan 2,7 juta pelanggan pada tahun ini. Sementara itu saat ini PT Telkom memperkirakan ada 20% dari sekitar 2 juta pelanggan Speedy yang menggunakan akses Speedy untuk bermain game online. Bahkan secara khusus Telkom telah menyediakan wadah khusus bagi komunitas game yakni melalui situs www.game.telkomspeedy.com.

Joddy Hernadi, Executive General Manager Divisi Multimedia PT Telkom Tbk, menambahkan game online merupakan salah satu konten yang paling banyak diminati di Indonesia. Namun, game online yang populer di Indonesia pada saat ini merupakan game asing yang kontennya kurang mendidik serta belum mencerminkan budaya Indonesia, ujarnya.

Indonesia, paparnya, telah memiliki basis pengguna yang menempati peringkat kedua terbesar di dunia setelah AS yang menyukai game online. Sebagian besar penggunanya berstatus pelajar yang masuk kategori usia muda.

Nusantara Online yang merupakan game buatan lokal diklaim Joddy sarat dengan nilai-nilai pendidikan dan tidak kalah unik dari sisi cerita dan kenyamanan dalam memainkannya jika dibandingkan dengan game online lainnya.

Nusantara Online dibangun di atas engine berjuluk ANother Game Engine Library (ANGEL) yang asli buatan Indonesia dan dikembangkan menggunakan program-program open source. Mesin ini memungkinkan game tersebut memanfaatkan semua widget antarmuka yang tersedia, semisal text box untuk chat, ikon yang dapat di dragdrop, hingga koneksi dengan messenger dan situs jejaring sosial populer, seperti Yahoo! Messenger atau Facebook.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Mursito
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper