Hati-hati! 10 Kebiasaan Ini Bikin Baterai Cepat Drop!

Redaksi
Minggu, 27 Oktober 2024 | 07:03 WIB
Warga menggunakan smartphone untuk menonton video streaming.
Warga menggunakan smartphone untuk menonton video streaming.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Baterai smartphone menjadi komponen penting yang jika Anda acuh  merawatnya akan cepat. Terdapat beberapa kebiasan yang sering Anda lakukan, yang tanpa sadar merusak baterai smartphone Anda dengan cepat. 

Salah satu kebiasan buruk yang mungkin sering Anda dengar adalah terlalu cepat mengisi baterai atau membiarkannya hingga menjadi 0%. Selain itu, masih banyak lagi kebiasan buruk yang Anda harus hindari jika tidak ingin smartphone Anda cepat rusak. 

Berikut sejumlah kebiasaan yang harus Anda hindari

1. Menggunakan Charger yang Tidak Sesuai: 

Menggunakan charger yang tidak resmi atau tidak sesuai spesifikasi dapat merusak baterai. Anda kerap melakukan ini ketika chargeran Anda tertinggal. Dalam kurun waktu satu kali dalam sebulan mungkin masih aman, tetapi jika terlalu sering baterai Anda akan rusak. 

2. Overheating (terlalu panas): 

Menempatkan smartphone di tempat yang panas atau menggunakan aplikasi berat dalam waktu lama dapat menyebabkan overheating, yang merusak baterai. Ini menjadi masalah besar, khususnya bagi driver ojek online yang harus selalu memantau maps agar sampai tujuan dengan cepat. 

Driver gojek menelpon
Driver gojek menelpon

3. Penggunaan Aplikasi Berat: 

Aplikasi yang memakan banyak sumber daya dapat membuat baterai cepat habis dan meningkatkan suhu perangkat. Anda akan merasakan fenomena ini minimal ketika Anda bermain gim. 

4. Kecerahan Layar Tinggi:

Mengatur kecerahan layar pada tingkat maksimum secara terus-menerus dapat menguras baterai lebih cepat. Anda hanya perlu menyalakan layar pada waktu tertentu saja. 

5. Lokasi dan GPS Aktif Terus-Menerus: 

Matikan GPS anda jika tidak benar-benar dibutuhkan atau ketika tidak dalam perjalanan. GPS yang terlalu aktif, padahal Anda tidak selalu ada di luar, menjadi penyebab baterai Anda berumur lebih pendek dari seharusnya. 

Ilustrasi GPS di kendaraan
Ilustrasi GPS di kendaraan

6. Pemberitahuan dan Sinkronisasi Berlebihan: 

Aplikasi yang terlalu banyak berpotensi merusak baterai smartphone Anda rusak lebih cepat dari seharusnya, karena aplikasi tersebut akan terus melakukan sinkronisasi atau hanya sekadar melakukan pembaharuan. Matikan notifikasi dan sinkronisasi jika ingin baterai lebih awet. 

7. Menggunakan Live Wallpaper: 

Wallpaper yang bergerak atau animasi dapat menguras daya lebih banyak dibandingkan wallpaper statis. Wallpaper ini hanya pilihan atau jika Anda benar-benar mengaktifkannya. Pada dasarnya, wallpaper yang kita gunakan adalah statis. 

8. Menutup Aplikasi Secara Tidak Tepat: 

Menutup aplikasi sebenarnya membuat baterai lebih hemat, tetapi jika semua aplikasi Anda tutup, dan ketika Anda membuka lagi aplikasi maka pada awal aplikasi dibukan memakan baterai yang cukup besar, yang membuat baterai kerja keras. 

9.⁠ Jarang Pakai Mode Pesawat di Area Lemah Sinyal: 

Ketika Anda berada di wilayah lemah sinyal, smartphone akan bekerja lebih ekstra sehingga baterai menjadi lebih cepat habis. Dengan mengaktifkan model pesawat saat berada di wilayah lemah sinyal membantu kerja baterai tidak terlalu cepat. 

10.⁠ Telalu Sering Pakai Fitur Fast Charging: 

Meskipun fitur ini praktis, menggunakan fast charging secara berlebihan dapat meningkatkan suhu dan mempercepat penurunan kualitas baterai.

Selain kebiasan tersebut, mengabaikan fitur ⁠⁠pengaturan untuk mengoptimalkan penggunaan baterai juga dapat menyebabkan penggunaan daya yang tidak efisien. Smartphone yang Anda beli telah memiliki sistem cerdas yang dapat mengatur penggunaan baterai. 

Terakhir, Anda juga harus menghindari penggunaan perangkat untuk ⁠pekerjaan berat seperti bermain gim dan menonton video saat smartphone sedang berjalan. Hal tersebut dapat menyebaboverheating dan mempercepat kerusakan baterai.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper