SAP SE Rilis AI Baru, Mampu Analisis Sengketa hingga Akuntansi

Rio Sandy Pradana
Rabu, 9 Oktober 2024 | 06:07 WIB
Cloud computing dan internet of things/ilustrasi
Cloud computing dan internet of things/ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - SAP SE merilis artificial intelligence (AI) dengan kemampuan yang telah diperluas menggunakan AI generatif, Joule, yang mampu menyelesaikan sejumlah tugas seperti pengelolaan sengketa hingga akuntansi keuangan.

Anggota Executive Board SAP SE, SAP Product Engineering, Muhammad Alam menjelaskan Joule diklaim mampu menyelesaikan tugas lintas disiplin yang kompleks.

“Inovasi SAP mendorong pencapaian bisnis, dan membantu pelanggan memanfaatkan kekuatan AI, data, dan solusi pengembangan baru untuk memacu pertumbuhan,” kata Alam dalam keterangannya, Rabu (9/10/2024).

Dia memaparkan dua studi kasus yang diperkenalkan di TechEd untuk memperlihatkan kekuatan transformasional agen AI.

Pertama, kasus manajemen sengketa menggunakan agen AI otonom untuk menganalisa dan menyelesaikan skenario resolusi sengketa termasuk faktur yang salah dan hilang, kredit tidak tercatat, dan pembayaran yang ditolak.

Kedua, kasus akuntansi keuangan menggunakan agen AI otonom untuk merampingkan proses keuangan kunci dengan mengotomatiskan pembayaran tagihan, pemrosesan faktur, dan pembaruan buku besar.

Dia menjelaskan inovasi AI dengan memanfaatkan keahlian bisnis dan teknologi SAP akan membentuk kemitraan baru antara manusia dan AI untuk mengubah lanskap bisnis modern.

Menurutnya, Joule menandai titik penting dalam cara baru bisnis. SAP memperkenalkan agen AI kolaboratif ke kopilot yang bisa berkomunikasi dalam bahasa bisnis.

Hal ini, lanjutnya, memperluas kemampuan Joule untuk mendukung 80% dari tugas bisnis yang paling sering digunakan SAP dan memasukkan Joule lebih dalam ke dalam portofolio perusahaan.

Dia menambahkan sistem agen multi-kolaboratif menugaskan agen AI khusus untuk menangani tugas-tugas tertentu dan memungkinkan mereka berkolaborasi pada alur kerja bisnis yang rumit dan menyesuaikan strategi mereka untuk mencapai tujuan bersama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper