Langka Terjadi, Gurun Sahara Terendam Banjir dan Menghijau

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 14 September 2024 | 13:55 WIB
Gurun Sahara
Gurun Sahara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kejadian langka muncul di gurun Sahara, salah satu wilayah terkering dunia terjadi banjir yang tidak biasa dan hujan besar.

Dilansir dari livescience, tidak jelas mengapa gurun ini mengalami begitu banyak hujan, namun hal ini mungkin ada hubungannya dengan musim badai Atlantik yang sangat tenang, kata para ilmuwan.

Hujan yang turun sangat deras sehingga beberapa daerah yang biasanya kering di Afrika Utara kini mengalami musim hujan dan banjir, dengan sebagian Sahara diperkirakan mengalami curah hujan lima kali lipat dari rata-rata curah hujan di bulan September.

Curah hujan di Sahara secara keseluruhan bukanlah hal yang jarang terjadi wilayah ini sangat luas dan beragam, dan beberapa bagian sering menerima sedikit hujan, kata Moshe Armon, ilmuwan atmosfer di Federal Technical University (ETH) Zürich, dilansir dari livescience.

Namun kini sebagian besar wilayah Sahara terendam banjir, termasuk wilayah utara yang biasanya lebih kering, tambah Armon.

Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa ini adalah bagian dari fluktuasi iklim alami bumi, sementara yang lain berpendapat bahwa hal ini disebabkan oleh perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia.

Pergeseran iklim di Sahara mungkin berhubungan dengan lemahnya musim badai Atlantik. Musim badai tahun ini sejauh ini tenang, meskipun ada prediksi di awal musim panas akan terjadi aktivitas badai parah akibat suhu laut yang tinggi. Ahli meteorologi mencatat ini adalah akhir pekan Hari Buruh pertama dalam 27 tahun tanpa adanya badai bernama yang terbentuk di Atlantik.

Lebih dari separuh badai yang disebutkan dan 80% hingga 85% badai besar di Atlantik setiap tahun biasanya datang dari wilayah selatan Sahara, kata Jason Dunion, ahli meteorologi di National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Namun, puncak musim badai Atlantik biasanya terjadi pada pertengahan September, jadi jeda musim ini tidak berarti badai Atlantik yang parah dan berbahaya tidak dapat terjadi lagi.

Sementara itu, curah hujan yang luar biasa tinggi di Sahara mungkin juga disebabkan oleh suhu air yang lebih hangat dari biasanya di Samudra Atlantik Utara dan Laut Mediterania.

Jika salah satu dari peristiwa curah hujan langka ini terjadi, dan sistem cuaca terjadi di lautan atau daratan yang jauh lebih hangat, kemungkinan terjadinya curah hujan lebat akan meningkat.

Dan Sahara bisa terus mengalami kondisi yang lebih basah di masa depan. Aktivitas manusia, khususnya emisi gas rumah kaca, mendorong lautan menyerap lebih banyak panas.

Beberapa model iklim memperkirakan lautan yang lebih hangat akan menggeser hujan monsun lebih jauh ke utara di Afrika pada tahun 2100, yang berarti lebih banyak hujan akan turun di wilayah yang biasanya lebih kering.

Model iklim juga memperkirakan peningkatan emisi gas rumah kaca dapat membuat Sahara semakin banyak hujan di masa depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper