Menkominfo Bicara Kebakaran Server Alibaba Cloud Singapura, Sindir Ketahanan Siber

Rika Anggraeni
Rabu, 11 September 2024 | 17:31 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi saat ditemui di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (19/7/2024). -Bisnis/Rika Anggraeni.
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi saat ditemui di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (19/7/2024). -Bisnis/Rika Anggraeni.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebut ketahanan keamanan siber menjadi salah satu isu yang rawan di industri teknologi. Meski demikian, negara sekelas Singapura tidak luput dari peristiwa gangguan dan kebakaran data center. 

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi pun sedikit menyinggung insiden kebakaran data center milik Alibaba Cloud di Singapura dengan guyonannya.

“Kerawanan ketahanan siber kita jadi salah satu isu. Singapura data center-nya [Alibaba Cloud] kebakaran juga,” kata Budi dalam acara Ngopi (Ngobrol Pintar) Bareng Kominfo: Aksi & Strategi Fintech Hadapi Penipuan Judi Online di Gedung Kemenkominfo, Rabu (11/9/2024).

Menurut Budi, keberadaan data center perlu berada di lokasi yang paling aman agar tidak menjadi sasaran.

“Saya ini bercanda, ya, data center yang paling aman itu di bawah rumah sakit ibu dan anak supaya enggak jadi sasaran. Karena kadang-kadang kalau sudah enggak bisa pakai online, offline saja, rusak,” ujarnya.

Berdasarkan catatan Bisnis, Indonesia tak lama lagi akan memiliki pusat data nasional (PDN) I yang berlokasi di Cikarang dengan gelontoran investasi sekitar Rp2,7 triliun dari pinjaman Pemerintah Prancis.

Proyek PDN I ini tepatnya berlokasi di Greenland International Industrial Centre, Deltamas, Cikarang yang memiliki luas kurang lebih 15.994 m2.

Nantinya, PDN I Cikarang dibangun dengan kapasitas prosesor 25.000 Cores, memory 200 TeraByte, storage 40 PetaByte, mechanical electrical 20 Mega Watt (MW) pada kesempatan operasi optimal.

Kemenkominfo pun menargetkan proyek Pusat Data Nasional (PDN) I di Cikarang dengan investasi senilai Rp2,7 triliun akan rampung sebelum masa pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Peresmian PDN Cikarang molor dari target sebelumnya yang semestinya diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Agustus 2024.

Budi sempat mengatakan desain fisik PDN yang berlokasi di Cikarang sudah mencapai hampir 90%. “Sebentar lagi [PDN Cikarang] mau diresmikan, fisiknya sudah hampir 90%, tunggu saja [sebelum pergantian pemerintahan] kami usahakan,” kata Budi saat ditemui di Kompleks Senayan, Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Sebelumnya diberitakan, ruang server Alibaba Cloud (Aliyun) yang berada di Singapura mengalami insiden kebakaran yang menyebabkan gangguan layanan terhadap akses jaringan di Zona Ketersediaan Singapura C. 

Mengacu pengumuman Alibaba lewat email kepada para pelanggan, diketahui bahwa kebakaran terjadi pada pukul 10.20 waktu Beijing, Selasa (10/9/2024).

Petugas pemadam kebakaran telah tiba di lokasi kejadian untuk menangani peristiwa tersebut dan sebagian besar produk jaringan cloud dan produk keamanan cloud dialihkan  pada pukul 10.55 waktu setempat. Sementara produk dan layanan cloud lainnya masih dalam proses.

“Mohon segera migrasikan pekerjaan produk secepatnya,” tulis dalam email Alibaba. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper