Kongsi Sinar Mas dan LG CNS Siap Bangun Data Center di Jakarta Senilai Rp4,6 Triliun

Alifian Asmaaysi
Selasa, 10 September 2024 | 21:02 WIB
Ilustrasi Data Center - Dok. Telkom.
Ilustrasi Data Center - Dok. Telkom.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sinar Mas Group bersama dengan LG CNS Co. Ltd. resmi membentuk perusahaan patungan (joint venture) yakni LG Sinar Mas untuk membangun pusat data di tengah kota Jakarta senilai Rp4,6 triliun.

CEO LG Sinar Mas, Han Dong Hyun menuturkan proyek kongsi perdana antara Sinar Mas dan LG CNS ini bakal membangun data center berbasis AI di Indonesia.

“Data center ini adalah data center AI pertama di Indonesia. Proyek ini memiliki nilai sekitar Rp4,6 triliun,” jelasnya dalam Konferensi Pers di Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Secara lebih terperinci, Han Dong Hyun menyebut bahwa proyek tersebut akan dibangun di kawasan bisnis daerah Kuningan dengan total area pengembangan mencapai 8.516 meter persegi (m2).

Lewat Data Center ini, LG Sinar Mas menargetkan bakal menarik perusahaan-perusahaan besar RI khususnya yang bergerak di sektor industri perbankan.

“Karena banyak bank Korea yang telah berinvestasi di Indonesia hingga saat ini. Sejauh ini, LG CNS telah mengembangkan sebagian besar sistem IT untuk institusi keuangan Korea,” tambah Dong Hyun.

Sementara itu, Chairman of Sinar Mas, Franky Oesman Widjaja menyebut bahwa proyek tersebut bakal mulai di-groundbreaking pada kuartal I/2025.

“Kuartal I tahun depan groundbreaking-nya,” jelasnya.

Adapun, Bos Sinar Mas Group itu menyebut proses konstruksi data center tersebut setidaknya akan memakan waktu satu tahun dan dibidik rampung pada Kuartal III/2026.

“Beroperasi sekitar kuartal IV/2026, setahun setelah [konstruksi],” pungkas Franky.  

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper