iPhone 16 vs iPhone 15, Ini 5 Hal Perbedaan Signifikan Kamera hingga Prosesor

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 10 September 2024 | 05:19 WIB
Tampilan iPhone 16 dari samping/Apple
Tampilan iPhone 16 dari samping/Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple baru saja memperkenalkan iPhone 16 dalam acara Glowtime. Smartphone Apple tersebut memiliki beberapa perbedaan mencolok dibandingkan generasi sebelumnya yaitu iPhone 15

Perbedaan mencolok tersebut terdapat pada beberapa komponen mulai dari layar hingga prosesor yang memberikan Anda pengalaman yang lebih baik, atau sebaliknya, saat menggunakan iPhone 16. Berikut perbedaan iPhone 16 vs iPhone 15. 

Layar Lebih Besar

iPhone 16 Pro memiliki layar 6,3 inci, lebih besar dari layar iPhone 15 Pro yang berukuran 6,1 inci. iPhone 16 Pro sedikit lebih besar dari pendahulunya yaitu 5,89 x 2,81 x 0,33 inci (8,25 x 149,6 x 71,45 mm). Namun layar yang lebih besar itu tidak membuat ketebalan keduanya berbeda.

Kemudian, dengan layar yang lebih lebar iPhone 16 juga juga lebih berat dari model sebelumnya yaitu seberat 8,01 ons (227 g) dibandingkan iPhone 15 Pro Max yang memiliki berat 7,80 ons (221 g). Buat Anda yang benci hape berat, ini mungkin mengganggu. 

Prosesor

iPhone 16 Pro memperkenalkan chipset A18 Pro yang lebih cepat. Apple menyatakan bahwa chip A18 Pro memiliki CPU enam inti yang 15 persen lebih cepat daripada A17 Pro, chipset yang digunakan oleh iPhone 15. 

Chipset ini dibangun di atas teknologi 3nm generasi kedua. A18 Pro mampu meningkatkan daya pemrosesan serta mendukung Apple Intelligence dan kinerja pembelajaran mesin. Apple yang kini memanfaatkan fitur-fitur AI Apple Intelligence bawaan, Neural Engine 16-inti, sangat membutuhkan A18 Pro. 

A18 juga mendukung ray-tracing dan frame rate hingga lima kali lebih tinggi pada iPhone 16 Pro. 

iPhone 15 Pro dilengkapi dengan chip A17 Pro, yang membuka peluang bagi para pengembang gim untuk memindahkan gim AAA yang lebih besar ke ponsel pintar. 

Ilustrasi chipset A18 Pro/Apple
Ilustrasi chipset A18 Pro/Apple

Kamera

iPhone 16 Pro memperkenalkan tombol baru, yang melengkapi jajaran tombol daya, volume, dan Action. Apple menjelaskan bahwa tombol Kontrol Kamera yang baru dirancang untuk memudahkan pengambilan foto dan video. Terletak di sisi yang sama dengan tombol Power iPhone, tombol kamera memiliki beberapa fungsi untuk mengambil konten.

Pocket-lint melaporkan, menekan tombol kamera dengan ringan akan mengaktifkan autofokus, dan menggeser tombol ke kiri atau kanan akan mengaktifkan fungsi zoom-in dan zoom-out. Dengan menekan tombol Kontrol Kamera, pengguna dapat mengambil foto sederhana. 

Tampilan kamera belakang iPhone 16
Tampilan kamera belakang iPhone 16

Fitur kamera

iPhone 16 Pro masih menggunakan kamera utama 48 megapiksel dengan bukaan f/1.78 seperti iPhone 15 Pro. Namun, iPhone 16 Pro mendapatkan berbagai fitur kamera baru. Fitur ini mencakup kemampuan merekam video 4K pada 120fps, yang sangat cocok untuk video gerakan lambat. iPhone 16 Pro juga mendapatkan dukungan untuk video ProRes 4K saat tersambung ke penyimpanan eksternal. Selain itu, ada perangkat lunak bawaan untuk mengurangi kebisingan latar belakang selama perekaman video.

Dalam tombol kamera iPhone 16/Apple
Dalam tombol kamera iPhone 16/Apple

Warna

Pengguna akan menemukan iPhone 16 Pro tersedia dalam empat warna: titanium alami, titanium putih, titanium hitam, dan titanium gurun baru.

Sementara iPhone 15 Pro tersedia dalam warna titanium alami, titanium biru, titanium putih, dan titanium hitam. iPhone 16 Pro terus menekankan penggunaan lapisan titanium. Warna titanium sedikit diubah, dengan warna yang lebih gelap untuk titanium hitam dan warna yang lebih terang untuk titanium putih. Untuk iPhone 16, warna tahun ini meliputi hitam, putih, merah muda, biru kehijauan, dan biru laut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper